Mengenal Pengertian Token Ring

Apa itu Token Ring? Mengenal Pengertian Token Ring

Token ring atau topologi jaringan ring merupakan sebuah topologi jaringan komputer yang mempunyai ciri khusus yaitu bentuknya yang menyerupai cincin.

Semua server dan juga workstation akan dikoneksikan menjadi satu sehingga membentuk lingkarang. Maka tidak heran jika nama topologi jaringan yang satu ini bernama token ring. Setiap server dan juga workstation akan menerima data maupun informasi yang dibagikan.

Jika alamat tujuannya sesuai, maka data maupun informasi tersebut akan diterima. Sebaliknya, jika alamat tujuannya tidak sesuai maka informasi maupun data yang dikirim tersebut akan dilewatkan menuju komputer yang lainnya. Topologi jenis ini hanya digunakan untuk menghubungkan dua perangkat secara langsung dalam jaringan.

Fungsi Token Ring

Pengertian token ring

Tidak jauh berbeda dengan topologi jaringan yang lainnya, token ring didesain agar komputer yang berada di dalam satu jaringan tersebut bisa saling mengirim maupun menerima informasi dari satu komputer ke komputer yang lainnya.

Masing-masing node yang ada di dalam token ring akan dilalui paket data yang dikirim user. Akan tetapi, jika ternyata paket yang dikirimkan ke node tersebut tidak sesuai alamat tujuan, maka node akan meneruskannya. Dengan begitu, paket yang dikirim akan sampai ke node atau komputer tujuan.

Kelebihan dan Kekurangan Token Ring

Setiap topologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan token ring. Informasi seputar kelebihan dan kekurangannya tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Kelebihan Token Ring

Salah satu yang menjadi kelebihan dari token ring adalah desainnya yang sederhana. Anda juga tidak perlu harus membeli kabel jaringan yang banyak.

Selain itu, ketika Anda menggunakan topologi jaringan ring maka akan meminimalisir terjadinya tabrakan data seperti yang Anda temukan pada token bus. Adapun beberapa kelebihan lainnya dari topologi ring yaitu:

  • Data atau informasi yang mengalir di token ring bersifat satu arah. Dengan begitu, tabrakan data (collision) bisa dihindari
  • Aliran data akan mengalir lebih cepat serta token ring juga mampu mengatasi tingginya lalu lintas data. Hal ini karena topologi ini bekerja dengan melayani data yang bergerak dari kiri menuju kanan
  • Waktu yang diperlukan untuk mengakses data menjadi lebih optimal. Hal ini karena pertimbangan jarak tempuhnya lebih cepat untuk bisa sampai ke alamat tujuan

2. Kekurangan Token Ring

Sementara itu, kekurangan yang dimiliki oleh token ring antara lain sebagai berikut:

  • Jika Anda menambah maupun mengurangi jumlah komputer yang ada di dalam token ring, maka hal ini bisa mempengaruhi jaringan tersebut
  • Jika terdapat salah satu komputer yang bermasalah, maka hal ini bisa berpotensi mempengaruhi semua jaringan
  • Token ring memerlukan penanganan khusus karena memang sulit untuk melakukan pengaturan ulang

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend