5 Cara Mendapatkan Jaringan 4G LTE yang Paling Mudah, Berhasil!

Di era digital seperti sekarang ini membuat kita semakin bergantung pada yang namanya internet. Karena dimanapun dan kapanpun pasti kamu selalu membutuhkan internet. Contohnya saja, untuk menghubungi teman-temanmu, kamu memerlukan internet.

Pasti kamu sekarang jarang sekali menggunakan pulsa hanya untuk menelpon ataupun sms teman-temanmu. Karena pulsa dirasa lebih mahal dibandingan dengan membeli kuota. Dengan internet juga, kamu dapat mengetahui informasi-informasi yang sedang hangat di kalangan masyarakat.

Cara mendapatkan Jaringan 4G LTE

Untuk itu internet sekarang ini sangat dibutuhkan bagi pengguna smartphone aktif. Nah, untuk mencapai koneksi yang terkuat atau lancar kita harus menggunakan jaringan 4G. Pasalnya, jaringan 4G merupakan jaringan terkuat yang ada di Indonesia saat ini. Untuk kamu yang ingin mendapatkan jaringan 4G, dibawah ini akan memberikan kamu cara-cara mendapatkan jaringan 4G LTE.

1. Pastikan Daerah Kamu Terdapat Jaringan 4G

Cara mendapatkan Jaringan 4G LTE

Image : Tribun travel

Hal pertama yang harus kamu cari tau untuk mendapatkan jaringan 4G yaitu pastikan daerah kamu sudah tersedia jaringan 4G. Karena jika daerahmu belum tersedia jaringan 4G, maka kamu tidak bisa menikmati akses menggunakan jaringan 4G. pada saat ini juga masih banyak tempat-tempat yang belum tersedia atau support dengan jaringan 4G misalnya pada daerah pegunungan dan sekitarnya.

Baca Juga: 6 Cara Mempercepat Download di Google Chrome

Dan di Indonesia sendiri jaringan 4G sudah bisa kamu gunakan di daerah-daerah seperti di kota-kota besar. Dan banyak juga kota-kota terpencil yang sudah bisa menikmati akses menggunakan jaringan 4G ini. Jadi untuk mendapatkan jaringan 4G kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah daerah kamu support jaringan ini, jika tidak jangan pernah kamu membeli kuota khusus untuk jaringan 4G.

2. Gunakan Handphone yang Support Jaringan 4G

hp 4g

Image : ulas harga

Tentu saja untuk mendapatkan jaringan 4G kamu juga harus memiliki handphone yang support jaringan 4G ini. Jika handphonemu belum support jaringan 4G, maka kamu tidak akan bisa menikmati akses menggunakan jaringan tersebut. Kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang ini handphone yang dijual telah mendukung jaringan 4G pada produk-produknya bahkan harganya sangatlah terjangkau.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli handphone yang memiliki jaringan 4G karena takut kemahalan, sebab handphone yang mendukung jaringan 4G juga sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Menggunakan Alat Untuk Menguatkan Sinyal

Cara mendapatkan Jaringan 4G LTE

Image : tokokomputer007

Jaringan 4G dapat melemah walaupun semua fasilitas 4G telah tersedia. Jika begitu, maka ada solusi lain untuk dapat mendapatkan jaringan 4G dengan jaringan yang stabil yaitu kamu dapat menggunakan penguat sinyal.

Alat penguat sinyal ini bertujuan untuk memperkuat sinyal pada internet kamu. Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan alat ini, karena alat ini sangat mudah untuk digunakan dan tidak perlu ribet. Dan rata-rata alat ini sudah menyediakan alat penguat sinyal yang nirkabel atau tidak menggunakan kabel, jadi gampang untuk dibawa kemana saja. Dengan menggunakan alat ini juga kamu bisa memperlancar jaringan internet kamu.

Perlu kamu ketahui, kamu juga harus membeli alat penguat sinyal dengan jenis jaringan yang sama yaitu jaringan 4G. Karena, jika kamu memilih alat penguat sinyal jenis jaringan yang lain maka kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan sinyal 4G. Alat ini juga rata-rata dijual dengan harga sekitar 300 – 500 ribuan. Kamu dapat membelinya secara online di beberapa marketplace yang kamu percaya.

4. Baterai Handphone Kamu Harus Terisi Penuh

full battery

Image : jalantikus

Cara lainnya untuk mendapatkan jaringan 4G yaitu dengan kamu memastikan handphone kamu terisi penuh. Karena kurangnya daya baterai akan menghambat jaringan 4G di handphonemu. Karena untuk mencari dan menemukan sinyal 4G, handphone kamu harus memiliki energy atau daya baterai yang cukup besar.

Dan jika handphone kamu lowbatt atau memiliki baterai yang tinggal sedikit maka kemungkinan handphone kamu tidak akan bisa mencari jaringan 4G secara maksimal.

Nah, karena hal itu disarankan untuk kamu mengisi daya baterai handphone sampai terisi penuh untuk mendapatkan jaringan 4G yang optimal. Dan juga kamu dapat menghemat baterai handphone dengan cara menutup aplikasi yang tidak terpakai lagi. Atau, kamu juga bisa menggunakan aplikasi seperti battery saver dihandphonemu untuk bisa menghemat baterai.

5. Mengubah Jaringan Handphone Menjadi 4G LTE

Cara mendapatkan Jaringan 4G LTE

Image : kompastekno

Kamu sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan jaringan 4G tetapi kamu tetap tidak bisa mendapatkan jaringan tersebut ? Memang syarat-syarat untuk mendapatkan jaringan 4G yaitu kamu telah menggunakan handphone yang support 4G dan kamu telah berada di lokasi yang sudah tersedia jaringan 4G, tetapi hal tersebut kurang ampuh untuk mendapatkan jaringan 4G secara optimal.

Baca Juga: 10 Penyebab Kenapa Wifi Lemot + Cara Mengatasinya

Maka dari itu kamu perlu melakukan perubahan pada jaringan di handphonemu. Untuk bisa kamu mengaktifkan jaringan 4G pada handphonemu, kamu harus masuk ke bagian setting atau pengaturan yang ada di handphonemu tersebut.

Caranya cukup mudah, yaitu :

  • Pertama-tama kamu harus masuk ke menu setting atau pengaturan di handphone
  • Lalu kamu pilihlah menu Mobile Network.
  • Setelah itu kamu bisa mengklik atau memilik menu Preferred Network Type untuk bisa mengubah jaringan di handphonemu.
  • Dan yang terakhir kamu tinggal memilih jaringan 4G LTE yang terdapat pada pilihan yang ada di menu tersebut.

Nah, bagaimana ? Apakah kamu sudah mendapatkan jaringan 4G di handphonemu dengan mengubah jaringannya menjadi 4G LTE ? Caranya sangat gampang kan ?

Dengan kelima cara diatas kamu akan mendapatkan jaringan 4G LTE secara optimal. Jika kamu memiliki saran atau cara yang lain untuk mendapatkan jaringan 4G lainnya, kamu bisa share di kolom komentar dibawah ini, ya. Selamat mencoba tutorial cara mendapatkan jaringan 4G LTE diatas!

Leave a Reply

Send this to a friend