Begini Cara Download Jurnal Internasional untuk Pemula, Gratis Loh!

Jurnal merupakan sebuah hasil publikasi dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seseorang baik itu seorang dosen, peneliti bahkan mahasiswa. Jurnal juga bisa dijadikan suatu referensi untuk melakukan sebuah kegiatan penelitian. Jurnal memiliki 2 jenis yaitu jurnal nasional dan jurnal internasional.

Selain itu jurnal nasional juga dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu jurnal nasional tidak terakreditasi dan jurnal nasional terakreditasi. Dan jurnal internasional juga memiliki 2 jenis yaitu jurnal internasional bereputasi dan jurnal internasional yang tidak bereputasi.

Namun, jurnal yang mempunyai penilaian yang lebih baik atau jurnal yang diakui adalah jenis jurnal nasional yang terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi atau terindex scopus, atau thompson router dan lain sebagainya. Tapi, untuk mendapatkan jurnal nasional terakrediatasi dan jurnal internasional bereputasi kita harus mendownload-nya terlebih dahulu dengan membayarnya dalam jumlah harga tertentu.

Cara Download Jurnal Internasional dengan Mudah

Sangat jarang sekali jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi tersedia secara gratis. Sehingga kita harus merogoh kocek untuk membayarnya. Harga yang diberikan mungkin berkisar $50-100, mungkin bagi seorang dosen atau peneliti profesional harga segitu tidak terlalu bermasalah, tetapi bagaimana jika itu mahasiswa yang mana biasanya jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi diperlukan untuk dijadikan bahan referensi pada tugas akhir.

Tapi jangan khawatir bagi Anda seorang mahasiswa atau pelajar Anda tetap bisa mendownload jurnal nasioal terakreditasi atau jurnal internasiol bereputasi secara cuma – cuma alias gratis tanpa bayar sepeser pun. Bagaimanakah cara download jurnal internasional? Langsung saja simak langkah – langkah dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda buka situs jurnal internasional di web browser Anda. Misalnya disini saya contohkan dengan situs “sciencedirect.com”. Seperti pada gambar dibawah ini.

sciencedirect.com

2. Kemudian, silahkan Anda masukkan kata yang ingin Anda cari pada kolom Keywords. Lalu, silahkan klik ikon search. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara download jurnal internasional

3. Kemudian, jika sudah muncul jurnal yang ingin Anda download. Silahkan Anda klik Download PDF. Seperti pada gambar dibawah ini.

download pdf

4. Nah, ternyata contoh jurnal yang saya klik diatas tadi gratis dan bisa langsung di download. Jika seperti ini langsung saja klik Start Download. Seperti pada gambar dibawah ini. Namun, tidak semua jurnal yang dapat di download secara mudah seperti ini.

start download

5. Sekarang kita coba dengan jurnal lainnya. Silahkan Anda klik pada judul jurnal. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara download jurnal internasional gratis

6. Lalu, silahkan Anda cari link doi dan copy link doi tersebut. Seperti pada gambar dibawah ini.

copy link doi

7. Kemudian, silahkan Anda buka situs web “sci-hub.tw” pada browser Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

sci-hub.tw

8. Lalu, silahkan Anda paste link doi pada kotak yang sudah disediakan. Kemudian, silahkan klik Open. Seperti pada gambar dibawah ini.

paste link doi

9. Lalu, jika Anda memiliki aplikasi internet download manager (IDM) maka akan terbuka dan silahkan Anda klik “Start Download”. Seperti pada gambar dibawah ini.

tutorial cara download jurnal internasional

10. Selesai. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan dan mengakses jurnal yang berbayar secara gratis.

Nah bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Mungkin Anda bertanya apakah cuma situs sciencedirect.com yang bisa digunakan? Tentu tidak. Situs lain yang menyediakan jurnal internasional atupun nasional juga bisa digunakan seperti ieee.com, selama jurnal tersebut memiliki link doi yang bisa di copy dan paste ke situs sci-hub.tw.

Namun, perlu diperhatikan cara diatas merupakan cara yang ilegal. Kenapa? Kan itu merupakan hal yang baik dan dapat bermanfaat bagi kita? Karena cara diatas itu artinya kita mencuri jurnal, yang mana seharusnya kita bayar tapi kita menjadikannya jurnal gratis, tapi itu semua tergantung dengan keputusan Anda masing – masing.

Sekian tutorial kali ini mengenai cara download jurnal internasional dengan mudah. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend