3 Cara Download Video Youtube di Android ke Galeri dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tidak mengenal Youtube, salah satu situs yang dikelola oleh Google sebagai penyedia streaming video terbesar. Hampir setiap saat kita melihat orang membuka situs ini hanya untuk sekedar menonton video yang diinginkannya. Melalui youtube, Anda dapat menemukan berbagai jenis video, mulai dari video tutorial, trailer film, video klip dan sebagainya.

Pada awal perkembangannya, youtube hanya dapat diakses melalui desktop. Namuni, kini youtube dapat Anda nikmati melalui smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk menonton video dari youtube harus membuka komputer atau laptop terlebih dahulu. Sebab, setelah youtube diakuisisi oleh Google, youtube terus berkembang bahkan youtube sudah dikembangkan dalam format Apk yang dapat dipasang pada perangkat Android.

Ada saatnya video yang akan atau sudah ditonton ingin disimpan di direktori perangkat kita agar dapat dilihat kembali atau digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, kebanyakan orang memasang aplikasi tambahan untuk mengunduh video dari youtube tersebut. Padahal, ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk mengunduhnya tanpa harus memasang aplikasi lain. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana mendownload video youtube di Android tanoa harus menggunakan aplikasi lain.

Cara Download Video Youtube di Android

Setelah perilisan sistem operasi Android, Google pun selaku pembuatnya menambahkan youtube yang telah dikembangkan dalam bentuk aplikasi pada smartphone Android. Namun, youtube tidak membuat tombol Download pada setiap video yang terdapat dalam platform mereka. Youtube hanya menambahkan fitur Watch Later dan Download pada versi terbarunya, dimana fitur ini memungkinkan Anda untuk menonton kembali video yang diiginkan tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Kekurangannya, Anda tidak dapat berbagi video kepada orang lain menggunakan aplikasi sharing data.

Solusi yang tepat adalah menyimpan video dalam direktori smartphone Anda sehingga Anda dapat menonton kembali tanpa harus membuka aplikasi Youtube. Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mendownload video youtube di Android. Caranya pun sangat gampang, Anda hanya perlu memperoleh link video yang diinginkan kemudian tinggal copy-paste. Agar tidak membuat Anda kebingungan memikirkan caranya, simak langkah-langkah cara download video youtube di android dibawah ini.

Cara #1 : Menambahkan SS pada URL Video

Cara download video youtube di android yang pertama ini sangat gampang untuk dilakukan, Anda hanya perlu menambahkan “ss” pada link video yang diinginkan. Disini, saya akan dowload video youtube menggunakan aplikasi Chrome di Android. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka browser Chrome pada smartphone Anda. Lalu, masuk ke situs youtube. cara download video youtube di android

2. Perhatikan link video yang akan didownload, seperti gambar diatas. Misalnya, https://m.youtube.com/watch?v=r6q3SkBldTI. Kemudian tambahkan “ss” pada link tersebut menjadi  https://m.ssyoutube.com/watch?v=r6q3SkBldTI

3. Setelah ditambahkan “ss”, maka Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya yakni halaman untuk download.

cara download video youtube di android

4. Pada halaman tersebut, Anda diberikan opsi untuk memilih resolusi video yang akan Anda download. Semakin besar resolusi yang Anda pilih maka video yang dihasilkan akan semakin jernih.

Pilih resolusi video

5. Setelah memilih resolusi, klik tombol Download. Dan tunggu proses downloadnya, hingga akhirnya video tersebut sudah tersimpan dalam direktori smartphone Anda.

cara download video youtube di android

Cara #2 : Menggunakan APK TubeMate Downloader

Cara kedua ini menggunakan aplikasi tambahan yang harus Anda download terlebih dahulu. Aplikasi tersebut adalah TubeMate Downloader. Aplikasi ini hampir sama tampilannya dengan browser Chrome. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi TubeMate Downloader yang telah Anda download sebelumnya. Masukkan keyword video yang Anda inginkan. Atau lebih cepatnya, anda tinggal paste link video yang Anda butuhkan.

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

cara download video youtube di android dengan aplikasi

3. Kemudian klik tombol seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah.

4. Akan muncul pop up seperti pada gambar. Anda dapat memilih kualitas dari video yang akan didownload.

cara download video youtube di android ke galeri

5. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses download video tersebut. Dan akhirnya Anda dapat melihat video tersebut disimpan di direktori smartphone Anda.

Cara #3 : Melalui Tool Online QDownloader.net

Cara terakhir ini hampir sama dengan cara pertama, Anda tinggal copy-paste link video yang dibutuhkan. Leebih jelasnya, simak langkah-langkah dibawah ini.

1. Anda harus mengcopy link video youtube yang akan Anda download. Kemudian buka browser Chrome dan ketikkan QDownloader.

2. Paste-kan link video yang telah Anda copy sebelumnya. Setelah itu, klik tombol Download.

cara download video youtube di android dengan mudah

3. Kemudian, Anda scroll ke bawah sampai menemukan opsi yang berisi kualitas dari video yang hendak didownload. Kemudian tekan tombol download di sisi kanannya.

4. Setelah itu, Anda tinggal menunggu proses download video tersebut dan akhirnya video tersebut juga langsung tersimpan.

Nah, itulah beberapa cara download video youtube di android ke galeri dengan sangat. Cara-cara tersebut sangat gampang dan mudah untuk Anda lakukan. Semoga tutorial cara download video youtube di android diatas dapat membantu Anda dalam menambah wawasan seputar cara untuk mendownload video youtube.

Ada pertanyaan atau komentar?

Send this to a friend