Kenali Cara Kerja GPS Pada Smartphone Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pernah tahu istilah GPS? Bagaimana cara kerja GPS apda smartphone? GPS sebenarnya merupakan singkatan dari Global Positionating System yang merupakan sebuah alat untuk mengetahui letak sesuatu yang ada di permukaan bumi. Cara untuk mengetahui letak atau lokasi tersebut adalah secara penyelarasan atau yang juga disebut syncronization dengan bantuan sinyal satelit.

Sistem yang ada di dalam GPS memanfaatkan 24 perangkat yang biasanya juga berjumlah 27 yang mana 3 merupakna perangkat cadangan. Tugas dari perangkat satelit tersebut adalah mengirimkan sinyal ke bumi. Kemudian sinyal kecil atau sinyal miktro tersebut diterima oleh GPS dan kemudian datanya akan diterima sebagai informasi yang berbentuk lokasi, waktu, dan juga kecepatan.

Cara Kerja GPS Pada Smartphone

Cara Kerja GPS Pada Smartphone

Cara Kerja GPS Pada Smartphone

Lalu bagaimana cara kerja GPS pada smartphone? Perlu dipahami bahwa untuk cara kerjanya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara kerja smartphone yang tersamung ke operator. Sebuah smartphone sudah dilengkapi dengan kemampuan agar ia bisa melakukan komunikasi 2 arah menggunakan BTS yang merupakan singkatan dari Base Transceiver Station. Perangkat ini merupakan elemen yang langsung terhubung ke smartphone Anda.

Sementara untuk GPS, agar supaya GPS tersebut bisa memperoleh lokasi yang diinginkan dengan tepat alias tanpa kesalahan, maka sebuah smartphone harus sudah dilengkapi dengan fitur GPS yang tentunya juga harus dilengkapi dengan perangkat satelit minimal 3 yang tepat berada di di lokasi dimana Anda berdiri. Ketiga perangkat tersebut nantinya akan membantu Anda agar bisa mendapatkan lokasi yang paling tepat dan akurat.

Dengan begitu, maka masalah salah lokasi atau miskalkulasi bisa dihindari. Ketika smartphone sudah berhasil menangkap sinyal pada GPS, maka perangkat tersebut akan secara otomatis melakukan pengolahan data dan kemudian memunculkannya ke dalam bentuk yang bisa dipahami oleh manusia, misalnya menampilkan sinyal tersebut dalam bentuk lokasi. Dari sini Anda bisa mengetahui lokasi yang sebenarnya dari suatu tempat atau dari orang lain yang mengirimkan lokasinya untuk Anda cek di GPS.

Satelit GPS

Satelit GPS

Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa sinyal yang dikirim oleh perangkat satelit menuju GPS bisa terganggun oleh beberapa hal. Salah satu yang menyebabkan terganggunnya proses pengiriman sinyal tersebut adalah cuaca dan juga menara-menara yang menjulang tinggi. Selain itu, menara yang juga mengeluarkan sinyal lainnya pun juga bisa menggangu proses pengiriman sinyal menuju GPS. Beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan sinyal yang diterima oleh GPS menjadi lambat antara lain:

  • Ruangan yang tertutup, seperti ketika Anda berada di lift maupun tempat rapat yang memang di situ terkenal sinyal sulit masuk.
  • Benyak dari geografi yang tidak merata, seperti gunung.

Informasi lain yang juga harus Anda perhatikan bahwa GPS yang ada di smartphone Anda bukanlah merupakan GPS sebagai arti sesungguhnya. Namun ia hanya berperan sebagai penerima sinyal saja.

Mereka hanya bertugas untuk menerima sinyal yang berasal dari GNSS sehingga biasanya lebih terkenal dengan istilah GPS Receiver. Namun karena pemahaman bahwa GPS di smartphone merupakan GPS dalam arti sesungguhnya, maka kita cenderung kesulitan menjelaskan tentang hal ini.

Yang tidak kalah penting adalah GPS yang ada di dalam smartphone bukanlah merupakan peta. Memang tampilan GPS identik dengan peta dan lokasi yang sesuai dengan keinginan kita. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah GPS tersebut merupakan navigasi yang menggunakan GNSS.

Kelebihan dan Kekurangan GPS

Kelebihan dan Kekurangan GPS

Di dunia ini memang tidak ada hal yang sempurna. Merupakan hal wajar jika suatu perangkat atau program memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tugas manusia hanya mencari cara untuk meningkatkan dan menambal kekurangan tersebut agar bisa mendekati sempurna.

Di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan GPS, baik yang merupakan aplikasi bawaan smartphone maupun aplikasi GPS yang ada di Play Store.

1. Kelebihan GPS

  • Proses navigasi untuk kendaraan menjadi lebih mudah dan cepat. Maksudnya, dengan adanya GPS, maka Anda tidak akan kesulitan mengetahui lokasi orang lain karena sudah tertera di GPS tersebut. Manfat inilah yang sering dirasakan oleh para pengemudi ojek online. Mereka akan dengan cepat dan mudah menemukan lokasi penumpang. Bahkan, mereka bisa mengetahui mana rute tercepat untuk bisa mencapai lokasi tujuan.
  • Membantu di dalam peningkatan tracking atau pelacakan di dunia militer.
  • Kemudahan untuk melakukan identifikasi terhadap lokasi yang ada di permukaan bumi dan kemudian menampilkan kordinat tersebut secara nyata alias real-time.
  • Lebih mudah dan ringkas jika dibandingkan dengan ketika Anda menggunakan peta konvensional.
  • Penggunaan GPS Tracking dapat membantu di dalam meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan di dalam menjaga barang-barang berharga Anda, seperti kendaraan maupun barang lainnya. Jika terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan yang mengakibatkan barang Anda tersebut hilang, maka Anda bisa melacaknya melalui GPS dan kemungkinan besar barang Anda tersebut akan ketemu.

2. Kekurangan GPS

Adapun yang menjadi kekurangan dari penggunaan GPS yakni seperti berikut ini:

  • Tingkat keakuratan yang tidak selamanya tepat atau presisi. Biasanya koordinat yang diberikan oleh satelit tidak sesuai dengan alamat atau kondisi sebenarya.
  • Para pengguna GPS tentu akan lebih menggantungkan dirinya GPS pada saat berkendara. Hal ini membuatnya kurang fokus terhadap kondisi lalu lintas yang ada di sekitarnya sehingga dikhawatirkan bisa terjadi kecelakaan.
  • GPS membutuhkan kuota sehingga memang tidak gratis. Bahkan ketika Anda menggunakan GPS Tracker, maka biaya yang harus Anda keluarkan juga tidak sedikit.

Leave a Reply

Send this to a friend