Begini Cara Melihat MAC Address di Android Anda, Mudah Banget!

Ketika seseorang mendengar kata MAC Address, sebagian orang pasti bertanya-tanya kira-kira apa itu MAC Address. Sementara sebagian yang lain yang memang sudah berpengalaman dalam urusan jaringan pasti langsung tertuju ke sekumpulan kode angka unik.

Mungkin tidak kita sadari bahwa MAC Address merupakan sebuah angka yang sangat penting dan bahkan bersifat rahasia. Setiap perangkat, baik itu hp maupun komputer sudah diberikan MAC Address yang tidak sama. Untuk itulah mengapa MAC Address memiliki sifat unik karena memang antara perangkat satu dengan perangkat lain tidak pernah ada Mac Address yang serupa.

Pengertian MAC Address

Apa itu MAC Address? Bagaimana cara melihat MAC Address di android? Perlu anda tahu bahwa MAC Address merupakan singkatan dari Media Access Control Address yang merupakan sebuah alamat jaringan di bawah lapisan data link layar dalam model OSI. MAC Address berisi berbagai kode yang unik pada setiap bagiannya dan berbeda antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya.

MAC Address diberikan kepada sebuah perangkat terkoneksi ke internet. Biasanya anda akan menemukan MAC Address pada perangkat seperti router, wireless card, LAN, dan berbagai macam perangkat yang lainnya yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke internet.

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa MAC Address tidak lebih dari sekedar kumpulan angka biasa yang biasanya diabaikan. Padahal MAC Address sangat penting karena antara MAC Address setiap perangkat berbeda. Bahkan antara MAC Address komputer dengan hp pun juga tidak sama. Bagi sebagian orang, terutama mereka yang sudah pro mengenai MAC Address, mereka pasti tahu bahwa alamat ini dapat dipalsukan dengan berbagai macam cara. Maka dari itu, pengguna dilarang untuk menyebarkan atau memberitahu orang lain mengenai MAC Address di perangkatnya.

Cara Melihat MAC Address di Android

Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang langkah-langkah yang anda harus lakukan ketika ingin melihat MAC Address pada hp android. Langkah ini tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi lain atau aplikasi pihak ketiga. Mengapa? Karena pada dasarnya sistem operasi android sudah dilengkapi dengan sebuah fitur yang disebut about phone. Di sinilah nanti anda bisa melihat berapa MAC Address anda.

1. Pertama-tama silkan masuk ke Settings.

cara melihat MAC Address di android

2. Selanjutnya pilih System.

Melihat MAC Address di Android 2

3. Setelah itu pilih About phone.

tutorial cara melihat MAC Address di android

4. Untuk melihat informasi mengenai MAC Address pada HP anda, silakan anda pilih Hardware information.

Melihat MAC Address di Android 5

5. Scroll sedikit kebawah dan disini anda akan melihat MAC Address pada HP anda.

cara melihat MAC Address di android

Itulah cara melihat MAC Address di android dengan mudah. Namun perlu diingat, anda tidak boleh menyebarkan MAC Address dan bahkan wajib merahasiakannya. Tujuannya agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang nantinya dapat merugikan anda atau orang lain.

Lalu apa fungsi dari MAC Address? Adapun fungsi yang utama dari MAC Address ini adalah untuk mengidentifikasi sebuah perangkat keras yang terkoneksi ke jaringan. Dengan begitu, maka sebenarnya sebuah jaringan dapat dimodifikasi untuk mengetahui siapa saja yang dapat masuk atau mendapatkan akses ke jaringan tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend