Tutorial Cara Mematikan Suara Kamera Iphone dengan Sangat Mudah!

Tidak bisa di pungkiri bahwa iphone sampai sekarang masih saja menjadi smartphone yang banyak di gemari. Salah satu alasan mengapa banyak yang memilih iphone ialah karena kameranya. Jika membahas mengenai kamera iphone mungkin bagi pengguna iphone sudah paham mengenai bunyi yang di keluarkan ketika akan mengambil gambar dengan iphone.

Hal ini lah yang dikeluhkan oleh para pengguna iphone karena tidak adanya fitur mematikan suara kamera iPhone. Berbeda dengan Android yang memiliki pengaturan langsung di aplikasi kamera.

Namun, beberapa iPhone di negara tertentu seperti Jepang dan Korea Selatan  yang tidak memperbolehkan suara shutter kamera untuk dimatikan. Hal ini untuk mencegah pengguna mengambil foto secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang yang difoto.

Cara Mematikan Suara Kamera Iphone

Tapi kamu jangan khawatir, walaupun begitu kamu tetap dapat menghilangkan suara jepretan saat mengambil foto di iphonemu dengan beberapa cara mematikan suara kamera Iphone yang akan saya bagikan di bawah ini.

1.Dengan Assitive Touch

Untuk menggunakan cara ini kamu harus mengaktifkan fitur assitive touch yang ada di iphone kamu terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk Setting > General > Accessibility > AssistiveTouch > ON.  Kemudian pilih menu Customize Top Level Menu. Setelah itu pilihlah tombol + untuk menambahkan menu baru di AssistiveTouch. Tambahkan perintah Mute dari kumpulan daftar yang ada. Nah sekarang kamu tinggal menekan menu Mute pada fitur AssistiveTouch untuk mematikan suara kamera iPhone. Seperti gambar berikut.

cara mematikan suara kamera Iphone

2. Menggunakan Tombol Silent

Penggunaan tombol silent adalah cara termudah untuk mengambil gambar tanpa suara di iphone. Caranya adalah dengan menggeser tombol flip untuk pengaturan silent yang ada di sisi samping kiri iPhone kamu. Kemudian geser tombol tersebut sampai kamu melihat garis orange pada atas tombol tersebut maka kamu sudah dalam mode silent. Seperti gambar di bawah ini.

melalui tombol silent di sisi kiri iphone

3. Menggunakan Fitur video

Mungkin fitur ini tidak banyak dipikirkan banyak orang bahwa dapat dilakukan untuk mengambil gambar tanpa suara di iphone. Untuk menggunakan cara tidak terduga ini kamu harus masuk ke aplikasi kamera. Kemudian mulailah mengambil video dengan menggunakan fitur video.

Lalu ambil gambar yang kamu  inginkan di dalam video tersebut dengan menekan bagian bulatan yang ada di samping kiri bagian bawah layar iphone kamu. Nah ketika kita mengambil gambar di dalam video ini , tanpa di sadari suara kamera tidak akan terdengar sehingga membuat kamu tidak terganggu saat mengambil gambar.

Melalu fitur video

4. Melalui aplikasi Observation Camera (silent)

Aplikasi Observation Camera (silent)  merupakan aplikasi dari pihak ketiga yang menyediakan fitur yang adapat membuat suara kamera menjadi tidak terdengar ketika mengambil gambar. Aplikasi ini dapat di download secara gratis di appstore .

Pertama kamu harus download aplikasi ini di app store terlebih dahulu.

cara mematikan suara kamera Iphone

Tunggulah beberapa saat sampai download nya selesai. Setelah selesai buka lah aplikasi tersebut.

Tutorial Cara Mematikan Kamera Iphone

Setelah kamu membuka nya maka akan terlihat informasi bahwa aplikasi ini bekerja dengan sistem recording yang dapat kamu tentukan lamanya recording tersebut dan interval waktu recording. untuk memulai nya kamu dapat menekan Photographing Preparation seperti gambar di atas.

Setelah itu kamu akan di bawa ke halaman selanjutnya untuk memulai mengambil gambar. Kamu dapat menekan icon kamera yang terdapat di tengah-tengah layar kamu. Seperti gambar di bawah ini.

cara mematikan suara kamera Iphone

Kemudia akan muncul halaman seperti kamu merekam sebuah video yang kemudian terdapat sistem capture sehingga kamu juga seperti mengambil gambar. Dengan cara ini kamu bisa mengambil gambar di iphone kamu tanpa ada suara yang mengganggu. Seperti gambar berikut.

Cara Mematikan Kamera Iphone

Nah gimana? Sudah tau kan bagaimana caranya mematikan suara kamera Iphone ketika mengambil gambar. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ketika akan mengambil gambar eh tiba-tiba kamera kamu bersuara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih;-)

Leave a Reply

Send this to a friend