3 Cara Membuat Folder Tidak Terlihat di Windows untuk Pemula, Sangat Mudah!

Komputer merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kini, berbagai macam pekerjaan dapat diselesaikan menjadi lebih efektif dan efisien dengan hadirnya sistem komputer. Namun, perkembangan tersebut ternyata juga diikuti dengan tindak kejahatan yang dapat merugikan orang lain. Dokumen penting yang tersimpan di komputer dapat dengan mudah disalahgunakan oleh pengguna yang tidak memiliki hak akses.

File rahasia yang berhubungan dengan privasi harus dijaga demi melindungi diri sendiri maupun orang lain. Dengan kata lain, data penting yang terdapat pada komputer Anda sebaiknya diberi tambahan keamanan.

Oleh karena itu, salah satu cara agar pengguna yang tidak memiliki hak akses melihat data Anda yaitu dengan cara menyembunyikan folder pada komputer Anda. Nah, pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai cara membuat folder tidak terlihat. Yuk simak penjelasan berikut ini.

3 Cara Membuat Folder Tidak Terlihat di Windows

Dalam membuat folder tidak terlihat ini, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Mulai dengan tanpa aplikasi tambahan hingga meggunakan aplikasi tambahan. Agar folder pada komputer Anda tidak diakses dan disalahgunakan oleh orang lain, sebaiknya Anda membuat folder penting Anda hingga tidak terlihat.

Sehingga, orang yang berniat jahat maupun usil tidak akan melihat ada folder tersebut. Cara kerja dari membuat folder tidak terlihat ini sebenarnya hanya menambahkan pengaturan pada status folder menjadi hide. Di bawah ini terdapat 3 cara membuat folder tidak terlihat di Windows. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara 1: Menggunakan Tools Hidden Windows

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah dan paling cepat untuk membuat folder menjadi tidak terlihat. Kita hanya perlu memanfaatkan tools yang disediakan oleh Windows yaitu Hidden pada Properties General.

1. Silakan klik kanan pada folder Anda > lalu pilih Properties.

cara membuat folder tidak terlihat di pc

2. Kemudian silakan ceklis pada bagian Hidden > lalu klik OK.

Cara 1 langkah 2 - pilih hidden lalu ok

3. Kemudian pilih Apply change to this folder, subfolders and files > lalu klik OK.

cara membuat folder tidak terlihat di pc

4. Maka folder telah berhasil dibuat menjadi tidak terlihat.

Folder berhasil dibuat menjadi tidak terlihat

Cara 2: Mengubah Jenis Ikon Folder Menjadi Hide

Pada cara kedua ini, kita akan mengubah jenis ikon folder menjadi tidak terlihat. Kemudian selanjutnya kita hanya mengubah nama dan memberikan kode tambahan.

1. Klik kanan pada folder Anda > lalu pilih Properties.

cara membuat folder tidak terlihat di pc

2. Selanjutnya pilih tab Customize > lalu pilih Change icon.

Cara 2 langkah 2 - pilih tab customize

3. Setelah itu silakan pilih ikon folder yang tidak terlihat atau dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Terdapat tiga ikon hide, silakan pilih salah satu saja > lalu klik OK.

cara menyembunyikan folder agar tidak terlihat

4. Kemudian klik OK lagi.

cara 2 langkah 4 - klik OK

5. Langkah berikutnya yaitu mengganti nama folder dengan cara klik kanan pada folder > lalu pilih Rename.

Cara 2 langkah 5 - rename folder

6. Hapus semua teks atau nama folder tersebut lalu silakan tekan tombol ALT dan angka 0160 pada keyboard secara bersamaan.

Cara 2 langkah 6 - hapus semua nama folder lalu tekan tombol ALT dan angka 0160 bersamaan

7. Maka folder telah berhasil dibuat menjadi tidak terlihat.

Folder berhasil dibuat menjadi tidak terlihat

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Lock and Hide Folder

Aplikasi ini sebenarnya aplikasi berbayar, namun Anda dapat mencobanya dengan memilih versi trial. Walaupun interface yang dimiliki oleh aplikasi ini kurang memuaskan, penggunaan aplikasi ini ternyata sangat mudah sehingga tidak akan menyulitkan bagi pengguna yang awam.

1. Download dan install aplikasi Lock and Hide Folder diĀ https://www.lock-folder.com/

2. Selanjutnya buka aplikasi > kemudian pilih Add untuk menambahkan folder yang ingin disembunyikan.

Cara 3 langkah 2 - pilih add

3. Setelah itu silakan pilih folder yang ingin Anda sembunyikan hingga tidak terlihat oleh orang lain > lalu klik OK.

Cara 3 langkah 3 - pilih folder lalu klik OK

4. Maka folder yang telah Anda tambahkan akan muncul dilist. Silakan pilih folder tersebut > lalu pilih Hide untuk menyembunyikan. Untuk mengembalikan folder tersebut, Anda tinggal memilih Show.

Cara 3 langkah 4 - pilih folder lalu pilih hide

5. Maka folder Anda seketika tidak akan terlihat lagi.

Folder berhasil dibuat menjadi tidak terlihat

Mudah bukan cara membuat folder menjadi tidak terlihat? Perlu diingat, cara di atas digunakan hanya untuk menyembunyikan folder Anda. Jadi, pada dasarnya folder tersebut hanya di-hide sehingga orang lain bahkan Anda sendiri tidak akan melihat akan keberadaan folder tersebut.

Namun, folder tersebut dapat dengan mudah dikembalikan apabila ada orang yang mengetahui cara melihat folder yang tidak terlihat. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin folder Anda aman, berikan pengamanan tambahan seperti menambahkan kode atau kunci terhadap folder tersebut. Sekian artikel mengenai cara membuat folder tidak terlihat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend