• Our Partners:

Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop 0

Begini Cara Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop dengan Mudah

Apa anda tahu cara menampilkan on-screen keyboard di laptop? Sebenarnya fitur on screen keyboard bukan hanya dimiliki oleh laptop melainkan juga bisa anda temukan di komputer.

Fitur ini merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows yang tentunya memiliki manfaat tersendiri meskipun sebenarnya anda sudah memiliki keyboard fisik baik di laptop atau komputer.

On screen keyboard adalah sebuah keyboard virtual yang disediakan oleh Microsoft dimana anda tinggal mengklik pada huruf keyboard sehingga huruf yang sesuai dengan yang ada pada dokumen atau file anda.

Cara Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop

On screen keyboard memang sekarang masih jarang digunakan. Bahkan mungkin beberapa orang yang menggunakan OS Windows belum tentu tahu jika sistem operasi yang mereka gunakan selama ini sudah dibekali dengan fitur yang canggih ini.

Padahal jika diperhatikan manfaat dari on screen keyboard tidak bisa dianggap remeh dan juga tidak boleh dibiarkan karena akan ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan. Berikut langkah-langkah cara menampilkan on-screen keyboard di laptop.

  1. Klik ikon Windows seperti yang ditunjuk tanda panah.Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop 1
  2. Kemudian anda ketikkan onscreen kemudian pilih On-Screen Keyboard.Cara Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop
  3. Selanjutnya akan muncul virtual keyboard atau yang lebih sering disebut dengan On-Scren Keyboard, tampilannya seperti gambar dibawah ini.Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop 3
  4. Anda juga bisa menambahkan numeric keypad, layaknya yang ada pada pada keyboard komputer atau laptop gaming. Tinggal pilih saja tombol Options.
  5. Kemudian anda centang opsi Turn on numeric key pad. Setelah itu anda pilih OK.Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop 4
  6. Maka tampilan keyboard akan menjadi seperti ini, ada tambahan numeric keypad disampingnya.Cara Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop Windows
  7. Anda juga bisa menambahkan On-Screen Keyboard pada taskbar, caranya cukup dengan klik kanan ikon On-Screen Keyboard kemudian pilih Pin to taskbar.Menampilkan On-Screen Keyboard di Laptop 6

Manfaat Menggunakan On Screen Keyboard

Seperti yang sudah kami terangkan jika on screen keyboard memiliki banyak manfaat bagi para user atau pengguna komputer dan laptop. Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan on screen keyboard? Berikut ini akan kami berikan jawabannya untuk anda.

1. Mengganti huruf yang rusak pada keyboard fisik

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa on-screen keyboard merupakan keyboard virtual yang dimiliki oleh OS Windows. Karena sifatnya yang virtual inilah sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengganti keyboard fisik yang mengalami kerusakan.

Biasanya masalah keyboard yang rusak sering dialami terutama bagi laptop yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Ada banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut, salah satunya karena keyboard yang kotor sehingga banyak debu yang menumpuk.

Untuk mengatasi masalah ini maka bisa dilakukan dengan cara mengetik menggunakan on screen keyboard. Jadi, anda bisa mengetik menggunakan keyboard virtual ini sementara nanti keyboard fisik anda diperbaiki. Jadi, meskipun keyboard fisik ada yang rusak, namun tidak menghalangi anda untuk mengetik di laptop.

2. Untuk login Windows

Manfaat kedua dari penggunaan on-screen keyboard adalah anda bisa menggunakannya untuk masuk ke Windows. Biasanya ketika anda mempassword Windows, maka anda akan menggunakan kombinasi antara huruf dan angka. Lalu tiba-tiba angka pada keyboard mengalami masalah. Akibatnya, anda tidak bisa login ke Windows karena tombol angka yang rusak.

Namun anda tidak harus khawatir karena semuanya bisa diatasi dengan on-screen keyboard. On-screen keyboard bisa menjadi alternatif terbaik untuk masuk ke sistem operasi anda kembali. Jadi anda tidak sampai menunggu sampai keyboard fisik anda berhasil diperbaiki.

3. Aman dari serangan keylogger

Manfaat ketiga dari penggunaan on-screen keyboard adalah anda tidak akan terdeteksi oleh keylogger. Keylogger merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui apa saja aktivitas anda melalui tombol keybboard anda.

Tidak sedikit orang yang menjadi korban dari keylogger ini dimana-mana data dan informasi pribadinya dapat diketahui. Maka dari itu, on-screen keyboard bermanfaat untuk mengatasi masalah ini.

Semoga dengan tutorial cara menampilkan On-Screen Keyboard di laptop yang telah dijelaskan diatas dapat menyelesaikan masalah anda. Barangkali keyboard anda sedang rusak atau tidak dapat digunakan, dan anda belum sempat untuk menggantinya dengan baru. Maka fitur On-Screen Keyboard yang diberikan Windows bisa anda jadikan solusi sementara.

Leave a Reply

Send this to a friend