5 Cara Mencegah Baterai Handphone Agar Tidak Bocor yang Terbukti Ampuh!

Baterai adalah komponen terpenting dalam sebuah perangkat elektronik, apalagi dalam sebuah handphone. Berdasarkan fungsinya, baterai bertindak sebagai penampung arus listrik yang nantinya akan didistribusikan ke komponen lainnya agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Kapasitas baterai yang ditawarkan pada handphone saat ini juga sudah cukup besar, yakni ada yang berkisar 4000 sampai dengan 5000 mAH. Nah kapasitas baterai handphone tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk masyarakat karena pada dasarnya kegunaan handphone adalah barang yang bisa dibawa kemana saja.

Dengan kapasitas baterai yang besar akan membuat masa ketahanan baterai bisa tahan seharian ketika dipakai. Dan pada handphone di keluaran terbaru, banyak yang  menggunakan baterai Non Removable atau biasa kita sebut dengan baterai tanam.

Handphone yang menggunakan baterai tanam ini biasanya body-nya lebih tipis dan tampilannya juga lebih keren dibandingkan dengan baterai yang bisa di lepas-pasang. Tidak hanya itu, penggunaan baterai tanam pada handphone pun bisa membuat handphone lebih tertutup dengan menggunakan material yang lebih kokoh, jadi handphone bisa lebih tahan air, dan debu pun tidak mudah masuk ke dalam komponen.

Slot untuk sim card dan memori eksternal pada handphone yang menggunakan baterai tanam juga  dipindah ke tempat yang mudah dijangkau pengguna, seperti ditempatkan pada sisi kanan maupun kiri dari handphone. Jadi penggunaan baterai tanam ini bisa dikatakan lebih awet dibandingkan dengan baterai yang lepas-pasang.

Cara Mencegah Baterai Handphone Agar Tidak Bocor

Tetapi banyak dari kita mengalami permasalahan pada baterai handphone. Pemakaian handphone yang sembrono akan membuat baterai handphone menjadi cepat bocor. Pada artikel ini akan memberikan kamu 5 cara mencegah baterai handphone agar tidak bocor :

1. Charge Handphone Sebelum 30% dan Jangan Charge Handphonemu Sampai Penuh

cara mencegah baterai handphone tidak bocor

Image : kompas tekno

Untuk mencegah baterai handphone agar tidak bocor, kamu harus mengecharge handphonemu sebelum 30%. Karena jika kamu sering membiarkan handphone kamu kehabisan daya, maka kapasitas dari baterai tersebut akan bisa berkurang dan umur dari baterai tersebut menjadi lebih singkat. Maka dari itu, kamu harus mengisi daya baterai sebelum handphone kamu mencapai 30%.

Dan jika kamu sedang berada di perjalanan dan tidak memungkinkan untuk mengisi daya handphone, kamu bisa menggunakan powerbank sebagai solusi. Tetapi perlu diingat, gunakan powerbank seperlunya saja.

Karena jika keseringan menggunakan powerbank daya yang diberikan tidak selalu stabil dan bisa berbahaya untuk smartphone kamu.

Selain itu, ketika kamu sedang mengisi daya baterai handphonemu jangan sampai terisi hingga 100 persen. Pasti kamu semua bingung, mengapa tidak boleh mengisi daya baterai sampai penuh ?

Hal ini dikarenakan pengisian baterai secara parsial dapat berdampak positif untuk bisa memperpanjang usia dari sebuah baterai, apalagi untuk baterai li-ion modern yang saat ini sering digunakan pada handphone yang beredar dipasaran.

Ada juga alasan yang memperkuat fakta diatas yaitu, ketika baterai mendekati kosong atau 30%, baterai Li-ion tersebut dapat menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan yang rendah.

Dan tegangan itu akan meningkat perlahan-lahan seiring dengan pengisian daya, kemudian dapat menaikkan daya pada level 70%,  hingga kapasitas penuh. Maka dari itu, pengisian daya baterai handphone pada tegangan rendah akan lebih baik untuk usia baterai. Itu dikarenakan jika siklus tegangan yang semakin meningkat maka penurunan kapasitas yang besar akan terjadi.

Disarankan untuk mengisi baterai dimulai dari 30 % sampai 80 % saja, agar tegangan tetap rendah dan membuat bateraimu tidak cepat bocor.

2. Kurangi Penggunaan Powerbank

Powerbank

Image : Tokopedia

Jika kamu sudah kecanduan memakai powerbank sebagai penyelamat handphonemu, maka hentikan kebiasaan tersebut. Terbukti dengan keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai handphonemu berkurang.

Karena powerbank tidak seperti listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya listrik yang stabil dan sesuai dengan smartphonemu. Apalagi saat ini banyak beredar powerbank yang memiliki kualitas dibawah standard.

Tidak hanya menggunakan powerbank, kamu juga harus menghentikan kebiasaan mengisi daya smartphone di laptop kamu. Alasannya sama seperti powerbank, dikarenakan arus listrik yang dikeluarkan laptop tidak sepenuhnya dirancang untuk mengisi daya smartphone yang sesuai standard.

Maka dari itu, gunakan powerbank dikala kamu di keadaan darurat saja ya.

3. Jangan menggunakan handphone saat di charge

cara mencegah baterai handphone tidak bocor

Image : Spaceku

Cara mencegah baterai handphone tidak bocor yang ketiga yaitu jangan menggunakan handphone saat sedang di charge. Karena ketika kamu menggunakan handphone saat diisi dayanya akan membuat handphone kamu cepat panas dan akan mengakibatkan baterai handphone kamu cepat bocor.

Dan disarankan ketika kamu ingin mengisi daya baterai, kamu matikan handphone atau buat handphone dalam mode pesawat. Sehingga baterai handphone tidak akan cepat panas.

4. Matikan handphone beberapa jam dalam sehari

matikan handphone

Image : Grid.id

Cara yang satu ini sangat disarankan untuk kamu, karena biasanya orang-orang akan membiarkan handphone mereka menyala sepanjang hari tanpa pernah dimatikan.

Ini akan berakibat buruk pada masa usia baterai, karena baterai akan cepat haus. Maka dari itu kamu harus mematikan handphone kamu beberapa jam dalam sehari.

Lebih disarankan untuk mematikannya pada saat kamu ingin tidur dan hidupkan kembali setelah kamu bangun. Langkah ini akan membuat baterai handphone kamu lebih awet dan tidak bocor.

5. Gunakan Charger Asli

charger asli

Image : jalan tikus

Untuk mencegah baterai handphone agar tidak bocor yang terakhir yaitu kamu harus menggunakan charger asli atau orisinil bawaan dari handphone kamu saat sedang mengisi daya baterai.

Karena dengan charger yang asli dapat menjaga agar arus listrik yang diterima baterai selalu sesuai dengan spesifikasi handphone kamu, sehingga lebih aman untuk dipakai.

Dan jika charger asli bawaan handphone kamu rusak atau hilang, kamu dapat menggunakan charger yang lain, tapi pastikan arus yang diterima oleh handphone kamu harus sesuai dengan arus yang dibutuhkan oleh baterai.

Dengan mengikuti 5 cara mencegah baterai handphone tidak bocor diatas, semoga baterai handphonemu dapat lebih awet ya, selamat mencoba !

Leave a Reply