2 Cara Meneruskan Download yang Terputus yang Terbukti Ampuh!

Kita mungkin sering sekali mendownload sesuatu dari internet. Biasanya untuk keperluan tugas atau hanya sekedar ingin mendownload film kesukaan kita. Tapi, pasti kita pernah ketika enak – enak mendownload tiba – tiba kuota atau paket internet kita habis, sehingga file download kita juga terhenti dari error. Nah, keadaan seperti ini membuat kita kesal karena harus mengulang mendownloadnya dari awal kembali.

Namun, ternyata kita bisa menyambung atau meneruskan file yang kita download. Ada cara yang lebih mudah untuk kita ketika kita mendownload dan terhenti. Kita tidak perlu mendownload aplikasi tambahan apapun. Bagaimanakah cara meneruskan download?

Nah, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana caranya meneruskan download yang terputus dengan sangat mudah. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah cara meneruskan download yang terputus dibawah ini ya.

1. Cara Meneruskan Download yang Terputus pada Google Chrome

Cara meneruskan download yang terputus yang pertama ini adalah cara meneruskan download yang terputus melalui Google Chrome. Bagaimanakah caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Silahkan anda tekan “ctrl + j” untuk menampilkan halaman donwload pada Google Chrome anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara meneruskan download yang terputus

2. Kemudian, silahkan anda cari file yang anda download tadi. Kemudian, silahkan anda klik “Retry” untuk melanjutkan download yang terputus tadi. Seperti pada gambar dibawah ini.

retry

3. Maka file anda akan lanjut mendownload. Seperti pada gambar dibawah ini.

jalan

2. Cara Meneruskan Download yang Terputus Menggunakan IDM (Internet Download Manager)

Cara yang kedua ini adalah cara meneruskan download yang terputus menggunakan IDM (Internet Download Manager) dengan sangat mudah. Kita tidak perlu download aplikasi lain lagi. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Silahkan anda buka IDM anda. Kemudian, silahkan anda cari file yang ingin anda lanjutkan mendownloadnya. Kemudian, silahkan anda klik kanan dan silahkan pilih “Properti”. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara meneruskan download yang terputus

2. Kemudian, silahkan anda blok link / alamat download tersebut. Kemudian, silahkan anda klik kanan dan pilih “Copy”. Seperti pada gambar dibawah ini.

copy

3. Kemudian, silahkan anda buka browser anda. Seperti, Mozilla Firefox. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada kolom pencarian website dan silahkan anda pilih “Paste” untuk menyalin link atau alamat yang di copy tadi. Seperti pada gambar dibawah ini.

mozilla

4.Kemudian, ketika muncul jendela untuk mendownload, silahkan anda blok URL dan kemudian klik kanan dan pilih “Copy”. Seperti pada gambar dibawah ini.

copy

5. Kemudian, silahkan anda kembali ke IDM anda dan silahkan anda Paste URL yang tadi anda copy. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara meneruskan download yang terputus

6. Kemudian, silahkan anda klik “Ok”. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik ok

7. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada file tadi dan kemudian silahkan anda pilih “Lanjutkan Download” untuk melanjutkan download. Seperti pada gambar dibawah ini.

lanjutkan

8. Maka file anda yang terputus tadi akan lanjut mendownload. Seperti pada gambar dibawah ini.

melanjutkan

 

Mungkin ada yang bertanya. Kenapa tidak langsung klik kanan dan pilih lanjutkan download saja? Jika kita melakukan itu, maka akan muncul kotak seperti gambar dibawah ini.

cara meneruskan download yang terputus

File tidak akan lanjut mendownload tapi akan mengulang dari awal. Nah, jika ukuran file yang di download kecil mungkin saja tidak apa – apa. Namun, jika ukurannya cukup besar, akan membuat kita menjadi tambah menunggu lama.

Nah, bagaimana? Caranya cukup mudah dan sederhana kan? Sekarang jika kita sedang mendownload file atau aplikas dan tiba – tiba terputus, kita tidak perlu takut lagi karena harus mengulang download dari awal. Karena kita sudah tahu cara meneruskan download kita yang terputus tadi, sehingga tidak perlu mengulangnya dari awal kembali.

Itulah bagaimana cara meneruskan download yang terputus dengan mudah yang dapat anda coba. Jika artikel ini dapat membantu anda, silahkan share ke teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara meneruskan download yang terputus dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend