PUA Protection windows 10

Cara Mengaktifkan PUA Protection pada Windows Defender

Jika Anda merupakan pengguna komputer dalam waktu yang lama, pasti Anda mengetahui aplikasi keamanan virus yang digunakan Windows, bukan? Ya, nama dari antivirus tersebut adalah Windows Defender.

Windows Defender sudah terinstall secara otomatis di Windows 10, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk mendownload aplikasi Antivirus lainnya ketika menggunakan komputer Windows 10.

Saat ini Windows Defender termasuk kedalam aplikasi antivitus yang sangat canggih dan sudah dilengkapi dengan berbagai protokol sistem kemanan yang sangat baik. Sehingga aplikasi ini bisa melindungi perangkat maupun file Anda dari berbagai serangan malware maupun virus. Selain itu, Windows Defender juga didukung dengan fitur kemanan yang sangat baik, salah satu fiturnya yaitu PUA atau singkatan dari Potentially Unwanted Application.

Cara Mengaktifkan PUA Protection pada Windows Defender

Walaupun Windows Defender sudah sangat baik dalam menangani berbagai masalah virus dan malware, tetapi kita juga perlu untuk meningkatkan keamanannya dengan cara mengaktifkan fitur PUA protection. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, Windows Defender bisa lebih spesifik untuk mendeteksi serta memblokir berbagai aplikasi yang tak kita inginkan dan termasuk kedalam kategori ancaman.

Seperti yang Anda ketahui bahwasanya aplikasi yang termasuk kedalam kategori ancaman tersebut bisa menginfeksi komputer dan dapat mempengaruhi kinerja dari komputer kita. Oleh karena itu, wajib untuk Anda mengaktifkan fitur PUA agar komputer dan file Anda dapat terjaga dengan baik.

1. Untuk mengaktifkan fitur PUA protection, kita harus menggunakan aplikasi Windows PowerShell. Oleh karena itu, klik icon pencarian yang terletak di bagian toolbar. Setelah itu ketikkan Windows PowerShell. Apabila aplikasi Windows Powershell sudah tampil, maka klik menu Run as Administrator.

PUA

2. Nah jika sudah, maka Anda harus mengetikkan perintah Set-MpPreference -PUAProtection 1. Setelah itu klik tombol Enter yang ada di keyboard komputer Anda.

Cara Mengaktifkan PUA Protection pada Windows Defender

3. Tunggulah beberapa saat sampai PUA Protection yang ada di Windows Defender aktif. Dan apabila sudah aktif, maka Windows defender dapat mendeteksi serta memblokir aplikasi-aplikasi apa saja yang termasuk kedalam kategori ancaman. Untuk langkah berikutnya Anda dapat melakukan pengecekan apakah fitur PUA Protection sudah berjalan dengan baik di komputer Anda atau tidak.

Cara Mengecek Fitur PUA Protection pada Windows Defender

Apabila sudah dilaktifkan, maka kita dapat mengecek fitur PUA protection yang ada dikomputer kita. Cara ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda mengetahui apakah fitur PUA protection yang sudah kita aktifkan tersebut sudah berjalan dengan baik atau tidak. Lakukan langkah-langkah dibawah ini untuk mengecek fitur dari PUA Protection.

1. Masuklah kedalam laman resmi Microsoft berikut ini. Jika sudah, maka pada bagian Scenario, klik link yang terdapat didalamnya.

Cara Mengaktifkan PUA Protection pada Windows Defender

2. Anda akan dialihkan kedalam laman amtso seperti pada gambar dibawah ini. Untuk mengecek apakah fitur PUA Protection sudah berjalan dengan baik dan benar, maka Anda harus klik link Launch the test yang berwarna oranye tersebut.

PUA Protection

Apabila fitur PUA protection sudah aktif dan berjalan, maka aplikasi antivirus Windows Defender akan memblokir serta menghentikan secara otomatis aplikasi yang berbahaya dikomputer Anda. Sehingga komputer Anda akan terlindungi dan terhindar dari segala ancaman seperti malware maupun virus lainnya.

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan PUA Protection di Windows Defender guna untuk mengamankan komputer dan file kita dari berbagai virus dan malware. Semoga artikel ini dapat menjadi solusi atas permasalahan Anda dan bisa bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend