Microsoft Edge 93 Dapatkan Peningkatan Desain di Windows 10 dan 11

Microsoft Edge 93 Dapatkan Peningkatan Desain di Windows 10 dan 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 sudah terlihat di cakrawala dan akan diluncurkan ke publik pada tanggal 5 Oktober. Menjelang peluncuran yang dijadwalkan, Microsoft Edge 93 telah dirilis dengan dukungan untuk dua fitur eksperimental. Pertama adalah desain baru untuk menu dan scrollbar modern agar sesuai dengan Fluent Design di Windows 11.

Microsoft Edge 93 hadir dengan beberapa peningkatan dan beberapa fitur baru. Misalnya, Microsoft telah mengaktifkan dukungan untuk fitur grup tab seperti yang ada di Google Chrome, yang telah dirancang untuk membantu pengguna menemukan tab secara efektif, sehingga mereka dapat beralih dan mengelola tab dengan mudah.

Edge 93 juga menyertakan dukungan untuk fitur “Pick Up Where You Left Off” untuk dokumen PDF. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna melanjutkan, dari halaman terakhir yang digunakan sebelumnya. Demikian juga, pengguna dapat dengan mudah menonton video dalam mode Picture-in-Picture menggunakan Toolbar baru yang akan muncul saat pengguna mengarahkan kursor ke video yang didukung. Toolbar hanya memungkinkan pengguna melihat video terkait di jendela PiP.

Desain tab vertikal telah diperbarui dengan opsi baru di edge://settings/appearance untuk menyembunyikan Title Bar browser. Selain peningkatan ini, Microsoft juga telah memperkenalkan dukungan untuk fitur eksperimental baru: Pembaruan Visual Windows 11 dan Overlay Scrollbars.

Flag pertama akan mengaktifkan efek Mica, yang merupakan material desain eksklusif Windows 11 baru yang secara otomatis menerapkan warna latar belakang desktop ke jendela aktif. Efek Mica hanya berlaku untuk Title Bar browser.

Ini juga memungkinkan efek akrilik Fluent Design (transparansi parsial) untuk menu Edge dan menu konteks. Jika pengguna mengaktifkan flag di Windows 11, itu akan mengubah ukuran font menu sehingga tampak sedikit lebih besar. Selain perubahan font, perubahan itu juga memusatkan beberapa tombol, termasuk perkecil, maksimalkan, dan tutup.

Di sisi lain, Overlay Scrollbar didukung penuh pada Windows 11 dan Windows 10. Flag Overlay Scrollbars menawarkan desain yang lebih ramping untuk scrollbar default browser dan juga mendukung mode gelap.

Lebih penting lagi, fitur Overlay scrollbars telah dirancang agar sesuai dengan tampilan dan tema aplikasi Windows 11 seperti Settings dan Explorer.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna membutuhkan Edge 93 (stabil) atau yang lebih baru. Setelah pengguna memperbarui ke versi terbaru, buka menu Edge flags dan aktifkan flag update visual Windows 11.

Untuk mencoba Scrollbar baru di Edge 93, buka tab properti Edge dan tambahkan kode berikut ke bidang target:

–enable-features=OverlayScrollbar,OverlayScrollbarWinStyle,OverlayScrollbarWinStyleAnimation

Ada kemungkinan bahwa Microsoft akan memperkenalkan pembaruan visual lebih lanjut ke Edge dalam beberapa bulan mendatang untuk pengguna Windows 11.

Leave a Reply

Send this to a friend