4 Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

NESABAMEDIA.COM – Pernahkah Anda merasa terganggu dengan adanya  WSH atau kepanjangan dari Windows Script Host? Peringatan ini sering kali muncul apabila menginstall aplikasi antivirus di komputer kita. Masalah ini dapat kita atasi dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine pada artikel ini. Pada dasarnya, Windows Script Host Enable berfungsi untuk dapat menjalankan script pada komputer kita.

Ada berbagai macam kasus mengapa pesan ini terus muncul dikomputer kita. Umumnya pesan ini akan muncul karena Windows Script Host Enable dalam keadaan tidak aktif atau mati.

Hal itu dapat disebabkan karena Anda menggunakan antivirus Smadav yang secara otomatis dapat mematikan fungsi Windows Script Host tersebut. Tidak perlu khawatir, karena permasalahan ini tidak begitu buruk karena dapat kita atasi dengan cepat menggunakan cara dan langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

Dalam mengatasi Windows Script Host Enable ini dapat Anda lakukan tanpa bantuan aplikasi ketiga. Anda dapat melakukannya dengan mengatur pada pengaturan komputer Anda saja. Pada artikel ini juga akan memberikan 4 cara dalam mengatasi Windows Script Host Enable.

Cara pertama yaitu dengan mengecek antivirus terutama pada aplikasi antivirus smadav, melalui regedit, CMD dan melalui konfigurasi. Berikut adalah penjelasan lengkap bagaimana cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine yang dapat Anda lakukan pada komputer maupun laptop Anda.

1. Melalui Regedit

Regedit merupakan suatu pusat database yang dapat mengatur konfigurasi informasi, dan pengaturan aplikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Den seluruh pengaturan tersebut juga dapat diatur kedalam bentuk key saja. Berikut cara untuk mengatasi Windows Script Host Enable melalui Regedit.

1. Untuk memunculkan window Regedit, klik Windows + R di keyboard Anda. Setelah itu kliklah perintah regedit pada aplikasi tersebut. Kemudian klik OK.

Windows Script Host Enable

2. Lalu window Regedit akan muncul, masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE, kemudian klik Software. Pada folder Software, masuk ke folder Microsoft > Windows Script Host >Settings. Pada folder Setting, klik kanan pada folder settings. Setelah itu klik menu New dan pilih DWORD (32 bit) value.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

3. Klik menu enable.

windws host scrip

4. pada bagian value data, ketikkan 1 dan kemudian Klik OK.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled di Windows 10

2. Melalui Konfigurasi

Msconfig merupakan suatu tool troubleshooting yang dapat kita gunakan untuk menonaktifkan driver, software dan lain sebagainya dari boot up. Kita juga dapat menggunakan tool ini untuk memecahkan suatu masalah serta dapat membantu apabila kita ingin untuk meningkatkan kemampuan pada komputer kita. Tool msconfig juga dapat digunakan untuk mengatasi Windows Script Host, berikut caranya.

1. Sama seperti Regedit, msconfig juga ditampilkan dengan cara klik Windows + R di keyboard. Setelah itu ketikkan perintah msconfig. Kemudian klik OK.

msconfig

2. Lalu Window msconfig pun akan muncul. Klik menu General dan pada opsi Selective startup klik centang pada Load Startup Items. Setelah itu klik Apply dan kemudian klik OK.

msconfig

3. Selanjutnya masuk ke menu Service. Dan di menu Service, klik centang pada bagian Hide all Microsoft services. Kemudian klik Disable all. Dan terakhir, klik Apply, setelah itu klik OK.

msconfig

3. Menggunakan CMD

Apabila kedua cara diatas tidak berhasil, maka Anda dapat mengatasi Windows Script Host menggunakan Command Prompt. Dan berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah-langkah menggunakan command prompt ini sangatlah sederhana. Anda hanya perlu membuka command prompt dengan cara mencarinya pada kotak pencarian Windows. Setelah itu klik kanan pada aplikasi CMD dan pilih Run as Administrator. Jika sudah, maka ketikkan perintah berikut ini. Kemudian klik Enter.

cmd

4. Menggunakan Smadav

Salah satu faktor yang membuat Windows Script Host muncul yaitu karena antivirus yang secara otomatis mematikan/disable. Dari kebanyakan kasus, antivirus smadav yang paling sering menjadi penyebab Windows Script Host muncul. Berikut cara mengatasinya.

1. Pertama klik lah icon panah atas pada bagian bawah tampilan dekstop setelah itu klik kanan pada icon smadav. Klik izinkan Windows Script & Office Macro (permanen) sampai terdapat tanda centang disampingnya.

Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine di Smadav

Demikianlah artikel yang menjelaskan bagaimana cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine di Windows 10. Semoga dengan adanya artikel ini, notifikasi Windows Script Host tidak muncul lagi di dekstop Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend