Panduan Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen untuk Pemula

Tutorial cara mengganti background zoom di laptop dan hp android tanpa green screen

Disaat pandemi seperti sekarang ini, kita semua selalu dianjurkan untuk melakukan segala kegiatan dari rumah. Begitu juga dengan bekerja, belajar dan beraktivitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, saat ini aplikasi-aplikasi Online Meeting sangat diperlukan oleh para masyarakat di seluruh dunia. Adapun berbagai macam aplikasi Online meeting yang dapat kita gunakan untuk media bekerja maupun belajar yaitu Google meet, Zoom dan lain sebagainya.

Tetapi, aplikasi yang seringkali digunakan oleh masyarakat didunia untuk online meeting yaitu aplikasi Zoom. Mengapa Zoom sangat digemari oleh masyarakat sebagai media bekerja dan belajar secara online? Karena didalam Zoom terdapat berbagai macam fitur yang menarik dan berguna untuk kita gunakan selama bekerja maupun belajar.

Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen

Salah satu fitur yang sangat menarik dari aplikasi Zoom sebagai aplikasi online meeting yaitu kita dapat mengganti background secara otomatis tanpa menggunakan Green Screen. Jika biasanya untuk memaksimalkan aplikasi untuk memilih area tubuh kita agar dapat dipisahkan dengan background yaitu dengan cara menggunakan bantuan green screen.

Green Screen sendiri merupakan salah satu teknik yang sudah cukup lama digunakan oleh penggiat film untuk menampilkan efek CGI agar terlihat lebih nyata. Biasanya Green Screen ini digunakan sebagai properti untuk pembuatan film animasi, fantasi dan genre lainnya agar terlihat nyata.

Nah, apabila Anda tidak memiliki green screen, maka Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengganti background video online Anda tanpa menggunakan green screen di aplikasi Zoom.  Berikut cara mengganti background Zoom tanpa menggunaakn Green Screen.

1. Downloadlah terlebih dahulu aplikasi Zoom dari laman resminya. Atau Anda dapat mendownloadnya melalui link ini. Jika sudah, maka Anda dapat membuka aplikasi Zoom di komputer Anda.

Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen

2. Maka pada tampilan awal aplikasi Zoom ini, Anda harus masuk kedalam akun Zoom Anda. Apabila Anda belum memiliki akun. Maka sebaiknya Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Klik tombol Sign In untuk masuk ke online meeting melalui Zoom.

zoom

3. Selanjutnya masukkan alamat email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Lalu klik tombol Sign In yang berwarna biru.

Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen

4. Nah, disini Anda dapat memilih diantara dua pilihan. Apabila Anda sudah memiliki kode Zoom untuk masuk kedalam room meeting yang sudah dibuat oleh rekan Anda, maka Anda harus klik tombol Join. Dan jika Anda ingin membuat room meeting sendiri, maka Anda harus klik tombol New Meeting. Ditahap ini Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Pada tutorial kali ini saya akan membuat room meeting sendiri, sehingga saya memilih tombol New Meeting.

zoom

5. Maka tampilan Zoom meeting Anda akan terlihat seperti ini. Anda dapat mengganti background tampilan video Anda dengan cara klik icon ^ yang ada di button Stop Video. Kemudian akan muncul berbagai menu didalamnya. Klik menu Video Settings… Karena pengaturan untuk mengubah background video meeting terdapat pada menu tersebut.

zoom

6. Lalu klik menu Background & Filters yang ada disisi sebelah kiri tampilan pengaturan Zoom Meeting Anda. Lalu lihat pada bagian bawah video, terdapat dua menu. Klik menu Virtual Backgrounds dan pilihlah background yang Anda inginkan.

Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen di Laptop

7. Disini Anda juga dapat menambahkan gambar lainnya yang terdapat di direktori komputer Anda. Caranya yaitu dengan klik menu Background & Filters. Lalu pada bagian Virtual Backgrounds klik icon + yang terdapat di sudut. Maka akan muncul dua opsi. Disini pilihlah opsi Add Image.

zoom

8. Lalu masuklah ke folder dimana gambar yang ingin Anda jadikan background berada. Klik gambar tersebut, lalu tekan tombol Open.

zoom

9. Maka sekarang tampilan background Anda sudah berubah seperti yang Anda inginkan.

Cara Mengganti Background Zoom Tanpa Green Screen Windows 10

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara mengganti background Zoom tanpa Green Screen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend