2 Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus, Dijamin Berhasil!

Dalam perangkat yang berbasis Android, sangat gampang untuk memasang aplikasi secara gratis. Sebab, OS Android menyediakan aplikasi yang menjadi rumah bagi berbagai aplikasi lainnya, yaitu Google Play Store. Google Play Store ini memungkinkan pengguna untuk memasang atau mencopot aplikasi pada smartphone Android tersebut.

Namun, tidak jarang kita mengalami masalah dimana aplikasi tersebut tidak dapat dihapus atau uninstall. Padahal, aplikasi itu tidak dibutuhkan oleh smartphone. Yang perlu Anda ketahui, ada dua kemungkinan untuk menjawab masalah tersebut. Pertama, bisa jadi aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan OS Android dalam smartphone itu.

Nah, kalau aplikasi bawaan memang akan sulit dihapus, kecuali Anda mengoprek sistemnya dengan cara rooting. Kemungkinan keduanya, aplikasi yang Anda tambahkan itu dilengkapi dengan fitur dan fungsi tertentu. Jadi, ketika memasang aplikasi itu, pengguna harus memberikan izin akses aplikasi terhadap Device Administrator yang terdapat dalam pengaturan smartphone. Itulah alasan mengapa aplikasi itu akan sangat sulit dihapus. Nah, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Jangan khawatir, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Dengan begitu, Anda dapat mengatasi masalah tersebut. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus

Tanpa Anda sadari, ada tipe aplikasi yang akan dipasang memerlukan izin akses Device Administrator. Itulah sebab mengapa Android menolak untuk menghapus aplikasi itu dari smartphone. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut mengenai kedua langkah cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus itu.

1. Menghapus Aplikasi Melalui Device Administrator

Cara ini paling banyak dilakukan untuk menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus. Selain itu, cara ini juga tidak memerlukan aplikasi tambahan lagi untuk menghapusnya. Simak langkah-langkahnya dibawah ini

1. Pertama, pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dihapus dari perangkat smartphone Anda. Disini, saya mencoba untuk menghapus aplikasi Easy Touch.cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

2. Selanjutnya, buka menu Setting atau Pengaturan yang terdapat dalam smartphone Anda.

cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

3. Lalu, pilih Security.

pilih Security

4. Kemudian, klik dibagian Device Manager atau Device Administrator.

klik dibagian Device Manager

5. Tap aplikasi yang ingin Anda hapus.

Tap aplikasi

6. Akan muncul opsi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Pilih Deactivate. Setelah itu, aplikasi berhasil dinonaktifkan oleh sistem pengaturan smartphone Anda.cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

7. Berikutnya. periksa aplikasi dibagian Manajemen Aplikasi untuk mencoba kembali uninstall aplikasi easy Touch tersebut. Pilih Force Stop  untuk memberhentikan paksa aplikasi agar bisa dihapus dari smartphone Anda.

cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus

8. Maka muncul pop-up yang meyakinkan Anda apakah ingin memberhentikan paksa aplikasi tersebut. Pilih Ok.

Pilih Ok

9. Kemudian, pilih Uninstall untuk menghapus aplikasi dari sistem. Muncul pop-up, pilih Ok. Dan akhirnya, aplikasi itu berhasil dihapus dari  smartphone Anda.pilih Uninstall

2. Menghapus Aplikasi Melalui Factory Reset

Sebenarnya, sangat jarang cara pertama itu tidak berhasil untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan. Namun, apabila aplikasi itu mengandung malware dan adware, maka aplikasi hanya dapat dihapus dengan cara factory reset.

Apa itu factory reset ? Factory reset maksudnya adalah mengembalikan smartphone Anda kedalam pengaturan semula seperti pertama kali Anda membelinya. Cara kedua ini tidak disarankan. Sebab, Anda akan kehilangan data-data lainnya ketika melakukan factory reset ini.

Begitulah penjelasan mengenai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di HP android Anda. Saya lebih menyarankan Anda untuk melakukan cara pertama dibanding harus melakukan factory reset smartphone Anda. Cara-cara tersebut dapat Anda lakukan di semua aplikasi Android. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend