Sangat Ampuh! 3 Cara Resize Foto / Gambar Secara Online Tanpa Mengurangi Kualitas

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi beserta alat-alat hasil dari inovasinya menjadi semakin pesat, salah satunya adalah komputer. Perkembangan teknologi memungkinkan anda untuk melakukan semakin banyak kegiatan dengan menggunakan komputer.

Salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan dengan media ini adalah proses manipulasi file multimedia terutama file gambar. Salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan adalah melakukan proses resize file multimedia atau file gambar. Resize file gambar / foto dilakukan supaya ukurannya tidak terlalu besar namun tetap mempertahankan kualitas gambar itu sendiri. Tidak hanya dengan menggunakan aplikasi editor, anda juga dapat melakukan proses resizing gambar secara langsung melalui situs penyedia jasa proses resize.

Cara Resize Foto / Gambar Secara Online

Dalam artikel kali ini, kami menyajikan beberapa alternatif situs yang dapat anda gunakan untuk melakukan proses resizing gambar secara online. Jadi anda tidak perlu menggunakan aplikasi untuk melakukan resize gambar. Langsung saja, simak langkah-langkah cara resize foto / gambar dibawah ini:

1. Resize Gambar dengan Compressor.io

1. Pertama-tama aktifkan internet dan buka browser kemudian akses situs Compressor.io. Setelah halaman utama terbuka, silakan klik “Try it!

001x

2. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman upload. Pada halaman ini anda akan dapat mengunggah file gambar yang ingin anda resize dengan mengklik Select File.

002x

3. Kemudian akan keluar kotak browse di mana anda akan dapat memilih file gambar yang ingin memilih file gambar. Setelah memilih gambar yang ingin diresize, silakan klik Open.

cara resize foto / gambar

4. Kemudian Compressor.io akan secara otomatis menjalankan proses resizenya. Tidak membutuhkan waktu lama hingga akhirnya gambar hasil resize ditampilkan. Pada halaman ini anda dapat membandingkan beberapa hal antara gambar asli dan gambar hasil resize, seperti kualitas gambar yang dapat anda bandingkan secara langsung, size atau ukuran gambar juga persentase resize. Anda juga dapat mengunduh atau mendownload gambar tersebut dengan mengklik tombol Download Your File.

004x

5. Selanjutnya anda akan diarahkan pada halaman browse di mana anda dapat menentukan lokasi penyimpanan file hasil resize yang akan anda unduh. Setelah menentukan lokasi, klik Save untuk menyimpan file.

005x

2. Resize Gambar dengan Kraken.io

1. Pertama-tama silakan buka browser anda dan akses situs Kraken.io.

2. Setelah halaman terbuka, untuk mengunggah file, anda dapat klik tanda unggah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

cara resize foto

3. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman browse. Silakan pilih gambar yang akan diresize kemudian klik Open.

002m

4. Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama Kraken. Hanya saja anda sekarang akan dapat melihat file yang anda pilih tadi berada di bagian bawah halaman. Kraken akan secara otomatis melakukan proses resize seperti di bawah ini.

003m

5. Setelah selesai melakukan proses resize, anda akan dapat melihat hasilnya seperti di bawah ini. Beberapa informasi yang bisa anda dapatkan adalah size atau ukuran asli file, size atau ukuran file setelah diresize, jumlah size yang berhasil dikurangi, juga persentase pengurangan  atau resize file. Untuk mendownload atau mengunduh file, anda dapat mengklik tombol Download File.

004m

3. Resize Gambar dengan TinyPNG

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi browser yang ada di komputer anda dan akses situs TinyPNG.

2. Pada halaman utama, anda akan menemui gambar di bawah ini. Silakan klik ikon upload untuk melakukan proses unggah file gambar yang ingin diresize.

cara resize foto online

3. Selanjutnya akan keluar kotak browse. SIlakan pilih file gambar yang ingin diresize kemudian klik Open.

002p

4. Kemudian anda akan diarahkan pada halaman utama. Situs TinyPNG akan secara otomatis mengidentifikasi file gambar tersebut dan melakukan proses resizing . Setelah selesai, anda akan dapat melakukan proses download atau unduh dengan cara mengklik tulisan download.

003p

5. Anda lalu akan diarahkan pada kotak Save As. Seperti namanya, pada tahap ini anda diharapkan untuk mencari lokasi yang menurut anda tepat untuk menyimpan file hasil resize. Setelah menemukan lokasi yang tepat, silakan klik Save, maka file tersebut akan tersimpan dengan aman.

cara resize foto online

Proses resizing ini seringkali berguna bagi anda yang membutuhkan file gambar dengan kualitas yang baik namun terkendala oleh ukuran file yang cukup besar. Dengan melakukan proses resizing, file gambar anda akan memiliki ukuran yang memadai namun kualitasnya masih tetap apik dan tak berkurang secara signifikan.

Demikianlah beberapa situs yang dapat anda jadikan alternatif untuk melakukan proses resize file gambar anda. Semoga artikel mengenai beberapa cara resize foto / gambar diatas bermanfaat!

Leave a Reply

Send this to a friend