Casio Umumkan Smartwatch Baru G-Squad Pro GSW-H1000

Casio Umumkan Smartwatch Baru G-Squad Pro GSW-H1000

NESABAMEDIA.COMCasio mengeluarkan pengumuman resmi bahwa pihaknya telah memiliki sebuah perangkat smartwatch baru yang akan segera hadir, yakni GSW-H1000. Smartwatch baru dari Casio itu akan menggunakan sistem operasi Wear OS milik Google, dan dibuat untuk bisa menangani sejumlah masalah dan kebutuhan penting pengguna. 

Secara resmi, smartwatch baru Casio itu akan diberi nama G-Squad Pro GSW-H1000. Smartwatch ini akan menjadi sebuah perangkat yang menonjolkan sisi kokoh, yang berarti tidak akan didesain untuk sebuah kecantikan atau keindahan. 

Jadi, tidak diragukan lagi kalau smartwatch ini memang ditujukan untuk para pekerja dan orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar ruangan atau di lapangan, yang merasa bahwa perangkat smartwatch Apple tidak akan mampu menjangkaunya. 

Casio G-Squad Pro GSW-H1000

Casio G-Squad Pro GSW-H1000

G-Squad Pro GSW-H1000 memiliki desain yang tebal dengan bobot yang sesuai. Pihak Casio juga telah mengkonfirmasi bahwa berat perangkat smartwatch itu sebesar 104 gram. Sebagai perbandingan, smartwatch Apple terbaru hanya memiliki berat antara 35 sampai 40 gram. 

Ukuran dimensinya diperkirakan akan sebesar 65.6 x 56.3 x 19.5 mm. Semua bobot tambahan itu adalah bodi yang tebal dan kokoh yang terbuat dari aluminium dan uretan serta pelat belakang yang berbahan titanium. Dengan demikian tak perlu terkejut kalau smartwatch ini bisa tetap bertahan meskipun telah terjatuh atau terbentur beberapa kali. 

Tampilan pada layar akan menggunakan layar yang sama dengan smartwatch Pro Trek yang juga dibuat oleh Casio. Nantinya, G-Squad Pro GSW-H1000 akan mengurangi besaran pikselnya demi menghemat daya baterai. Ukuran layarnya sekitar 1.32 inci dengan dukungan resolusi 320 x 300. Panelnya menggunakan teknologi TFT LCD yang bisa diganti ke mode monotone untuk penghematan. 

Casio belum mengungkap kapasitas baterai yang akan digunakan. Mereka hanya mengungkapkan sebuah klaim bahwa baterainya bisa bertahan hingga satu bulan, jika hanya digunakan sebagai penunjuk waktu. Karena mereka tidak mempermasalahkan soal ketebalan, ada satu hal yang bisa disimpulkan bahwa kemungkinan mereka menggunakan baterai yang besar. Ini merupakan perangkat yang berfokus pada penggunaan dan daya tahan, ketimbang tampilan dan desain. 

Meski demikian, ada beberapa fitur pendukungnya seperti monitor detak jantung, GPS dan juga gyroscope. Fiturnya juga bisa melakukan sinkronisasi antara kesehatan dan data aktivitas pengguna dengan aplikasi terkait. 

Salah satu fitur yang juga ditonjolkan Casio adalah kemampuan smartwatch dalam mengambil gambar atau video yang bisa dikombinasikan dengan informasi dan data yang telah terkumpul di smartwatch. 

GSW-H1000 akan diluncurkan dengan harga sekitar USD600 atau Rp9 jutaan, yang tentunya merupakan harga yang cukup mahal untuk sebuah perangkat smartwatch. Namun berdasarkan ketangguhan dan jangka waktu penggunaan yang lama, maka harga segitu sudah cukup sesuai. Pengguna diharapkan bisa mengandalkan smartwatch ini untuk beberapa tahun, sebelum akhirnya harus mengalami penggantian komponen karena kualitasnya menurun.

Leave a Reply

Send this to a friend