LG Dikabarkan Akan Tutup Bisnis Smartphone Mulai 5 April

LG Dikabarkan Akan Tutup Bisnis Smartphone Mulai 5 April

NESABAMEDIA.COMLG merupakan salah satu brand pertama yang terjun ke Android lebih dari satu dekade yang lalu, dengan merilis perangkat handset Android pertama mereka di tahun 2009. Namun ada kemungkinan bahwa ke depannya tidak akan ada lagi perangkat smartphone dengan brand LG.

Setelah dilaporkan mengalami kegagalan di bisnis smartphone, LG mempertimbangkan untuk menutup bisnis smartphone mereka. Kabar ini mungkin sudah sering beredar sejak tahun lalu, namun kali ini laporan dari Korea Times menyebut bahwa LG akan mengumumkan penutupan bisnis smartphone mereka pada tanggal 5 April, saat dilakukan rapat pemegang saham.

Pada bulan Januari yang lalu, banyak sekali rumor yang menyebutkan bahwa LG akan menjual divisi smartphone mereka, setelah sebuah memo untuk karyawan bocor ke dunia maya. Laporan dari Korea Times saat itu mengindikasikan bahwa VinGroup yang merupakan perusahaan konglomerasi asal Vietnam, telah terlibat pembicaraan mendalam untuk melakukan pembelian. 

Setelahnya, tidak terdengar kabar lagi soal rencana penjualan divisi smartphone LG tersebut. Kemungkinan pembicaraan dengan perusahaan Vietnam itu gagal. Sumber internal yang didapatkan oleh Korea Times, mengungkap bahwa perusahaan sedang memikirkan pilihan lain seperti penjualan, menjual sebagian saham atau melakukan penutupan bisnis, dan sepertinya opsi yang terakhir yang diambil LG.

Terlepas dari semua rumor yang pernah muncul, tidak ada kabar resmi satupun dari LG. Bulan lalu, saat diadakan rapat para pemegang saham, CFO LG yakni Bae Doo-Yong mengatakan bahwa semua kemungkinan terkait bisnis smartphone perusahaan tetap terbuka. 

Divisi smartphone LG sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang tercatat telah kehilangan banyak sekali uang. Pada kuartal keempat tahun 2020 lalu, LG dilaporkan mengalami kerugian mencapai USD222,9 juta atau sekitar Rp3,2 triliun. Ini merupakan kuartal ke-23 secara beruntun perusahaan telah mengalami kerugian. Jadi jika memang benar LG tidak mampu menjual divisi smartphone mereka, maka jangan salahkan juga jika LG lebih memilih untuk menutup bisnis smartphone mereka itu. 

Namun karena kabar ini muncul pada tanggal 1 April, banyak pihak menyebut ini hanyalah kabar bohong karena bertepatan dengan April Mop. Jadi untuk memastikan kabar tersebut, setidaknya tidak menunggu lama, karena disebutkan kabar penutupan itu akan dilakukan pada tanggal 5 April nanti. 

Leave a Reply

Send this to a friend