Microsoft Cortana Tak Lagi Mendukung Perangkat iOS dan Android

Microsoft Cortana Tak Lagi Ada Di Perangkat iOS dan Android

NESABAMEDIA.COMAsisten Virtual Microsoft Cortana untuk platform Android dan iOS secara resmi menghentikan layanannya pada tanggal 31 Maret 2021. Namun, Cortana untuk Windows 10 masih akan terus beroperasi. Seperti yang telah dijelaskan dalam halaman dukungan Microsoft Cortana, mulai hari Rabu kemarin, aplikasi mobile Cortana tidak lagi mendapatkan dukungan. 

Dan juga, aplikasi Cortana untuk perangkat smartphone tidak akan lagi menyediakan daftar dan fungsi pengingat. Namun aplikasi Microsoft To Do secara otomatis akan melakukan sinkronisasi pada daftar tugas, pengingat di Cortana. Pengguna bisa mengunduh aplikasi To Do secara gratis untuk perangkat iOS dan Android nantinya. 

Cortana merupakan Siri atau Alexa versi Microsoft. Ini adalah sebuah teknologi AI yang berbasis pada asisten pribadi yang bisa menjawab pertanyaan dan mengerjakan beberapa tugas kecil. Cortana versi aplikasi mobile pertama kali diluncurkan pada bulan November 2018, namun sejak diluncurkan itu tidak mampu mendapatkan basis pengguna yang sesuai target di usianya yang singkat. Jadi Microsoft memilih untuk tidak lagi mengelola Cortana untuk perangkat smartphone.

Pada bulan Juli 2020 yang lalu, Microsoft menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan transisi ke “pengalaman asisten transformatif berbasis AI” dalam layanan aplikasi Microsoft 365 mereka. Yang terakhir ini akan melibatkan fokus baru pada bidang inovasi dan pengembangan.

Menurut laporan dari Grand View Research, pada tahun 2019 nilai pasar dari teknologi asisten virtual mencapai USD3.7 miliar. Namun banyak perangkat saat ini yang telah mendukung dan menggunakan teknologi asisten virtual secara luas. Di antaranya seperti produk tablet, komputer dan smartphone. Jadi secara logika, dalam beberapa tahun ke depan, nilai pasarnya akan mengalami peningkatan pesat. 

Faktor lain yang membuat pasar dari teknologi asisten virtual ini adalah bahwa teknologi tersebut mampu memenuhi peran layanan pelanggan seperti kemudahan navigasi, menawarkan informasi produk, membantu pengguna dalam membayar tagihan, dan melakukan transfer atau melengkapi formulir serta mengarahkan pertanyaan masalah kepada agen manusia dalam layanan pelanggan. 

Oleh karena itu, sektor perbankan dan lembaga keuangan sudah mengintegrasikan teknologi asisten virtual untuk menarik lebih banyak konsumen. Dalam hal ini, Microsoft tampaknya beralih dari penggunaan Cortana tradisional ke penggunaan berbasis perusahaan. 

Leave a Reply

Send this to a friend