Clubhouse Akan Hilangkan Sistem Undangan Pengguna Baru

Clubhouse Akan Hilangkan Sistem Undangan Pengguna Baru

NESABAMEDIA.COMAkhir bulan lalu, aplikasi yang sedang populer dan trending Clubhouse, akhirnya dirilis sebagai aplikasi Android di Google Play Store. Perilisan ini harus menunggu lebih dari satu tahun, setelah aplikasi itu hadir untuk perangkat iOS lebih dulu di tahun 2020. Jadi bisa dibilang perilisan dalam versi aplikasi Android itu cukup terlambat. 

Sejak saat itu, tim pengembang Clubhouse telah bekerja keras untuk membawa versi Android memiliki fitur yang setara dengan versi iOS. Namun ada satu masalah besar lain yang menjadi penghalang bagi lebih banyak orang untuk bisa mencoba dan menggunakan aplikasi itu, yakni masalah sistem undangan yang dianggap cukup membuat frustasi. 

Sistem undangan itu bukanlah hal baru, dan biasanya sistem ini hanya akan digunakan untuk jangka pendek dengan tujuan agar tidak memberatkan sisi server dan backend, ketika sebuah aplikasi baru diluncurkan. Namun sudah lebih dari satu tahun setelah aplikasi asli Clubhouse hadir dan sampai saat ini masih tidak bisa digunakan jika pengguna tidak memiliki undangan dari pengguna lain yang sudah memiliki akun Clubhouse. 

Sepertinya pihak Clubhouse telah menyadari bahwa sudah terlalu lama waktu berjalan, dan CEO Paul Davison telah mengkonfirmasi ke sejumlah media bahwa mereka akan menghilangkan sistem undangan di Clubhouse, setidaknya pada musim panas ini. 

“Alasan utama mengapa kami masih menggunakan model undangan adalah sangat penting untuk bisa mengembangkan komunitas dalam cara yang terukur. Jika kau tumbuh terlalu cepat, segalah hal bisa rusak, dan kami harus selalu bisa memastikan bahwa di saat kami menambahkan lebih banyak pengguna baru ke Clubhouse, pengalaman yang didapat pengguna harus bisa lebih baik tanpa mengalami suatu kemunduran,” ungkap Pete Davison.

Davison tidak menjelaskan secara detail bulan atau tanggal spesifik kapan sistem undangan itu akan dihapus dari Clubhouse, dengan hanya mengungkap perubahan tersebut akan dilakukan di musim panas. Apa pun itu, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, dan pasti para pengguna Android sangat tidak sabar untuk menunggu dihapusnya sistem undangan tersebut. 

Diyakini, jika sistem undangan itu benar-benar dihapus, Clubhouse akan semakin populer dan pertumbuhannya akan mendominasi aplikasi lain yang juga baru dirilis sebagai pesaing, seperti Twitter Spaces.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend