15+ Contoh Kalimat Imperatif, Deklaratif dan Interogatif dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan secara nyata, akan banyak ditemui kalimat-kalimat yang menyatakan perintah untuk melakukan sesuatu. Sehingga dengan adanya hal tersebut, seseorang akan melakukan kalimat perintah tersebut sebagaimana dengan bunyi yang harus dilakukan.

Perintah menjadi suatu hal yang penting, jika yang memberi perintah adalah orang-orang yang berwenang dan lebih tinggi jabatannya dibandingkan kita atau ditempat yang baru. Perintah menjadi kata-kata yang harus dilakukan selama hal tersebut dapat diterima oleh akal sehat. Tidak serta merta perintah harus dijalankan sepenuhnya dan semua perintah tanpa memastikan apa tujuan dari perintah tersebut.

Menjalankan perintah tanpa mengerti apa maksud dan tujuan mereka dibalik semua itu juga bisa mengakibatkan dampak yang berbahaya. Sehingga akan lebih baik jika, sebelum melaksanakan kalimat-kalimat perintah yang ada, kita aware dengan maksud dan tujuan akhir adanya perintah tersebut.

Mematuhi perintah seperti itu dapat meningkatkan rasa kedisiplinan kita dalam diri masing-masing. Berikut merupakan jenis-jenis kaliimat perintah yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kalimat Imperatif

Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif merupakan kalimat yang bersifat memerintah untuk melakukan sesuatu atau bahkan melarang untuk melakukan sesuatu. Jenis kalimat imperatif banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Dimana, jenis kalimat imperatif ini memiliki sifat harus melakukan apa perintah yang diucapkan atau dituliskan. Sehingga kalimat imperatif ini bisa disebut dengan kalimat perintah atau kalimat larangan.

Untuk memudahkan dalam belajar kalimat imperatif, akan lebih baik jika langsung belajar bagaimana saja contoh kalimat imperatif yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh kalimat imperatif:

1. Buanglah sampah pada tempatnya

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai sampah harus dibuang pada tempatnya. Siapapun yang membaca tulisan ini harus mematuhi peraturan tersebut, agar lingkungan tidak tercemar sampah. Oleh karena itu kalimat ini harus dipatuhi dan dilaksanakan semua orang yang melihat tulisan ini, karena ini termasuk dalam kalimat imperatif yang bersifat memerintah.

2. Matikan listrik jika tidak digunakan

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai penghematan listrik. Jika listrik memang sedang tidak digunakan, maka sebaiknya dimatikan. Hal ini dilakukan supaya tidak ada energi listrik yang terbuang sia-sia.

3. Jagalah kebersihan

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai kondisi kebersihan di lingkungan sekitar harus selalu dijaga agar tetap bersih dan indah. Sehingga pemandangan yang dilihat tidak merusak mata karena sampah berserakan atau lingkungan yang kotor.

4. Laboratorium harus dibuka mulai jam 8 pagi

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai peraturan Lab harus buka pada jam tersebut. Hal ini harus dilakukan karena sudah menjadi aturan yang harus dijalankan.

5. Sebelum meninggalkan kelas, harus absen terlebih dahulu

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai perintah untuk melakukan absen sebelum meninggalkan kelas. Hal ini sangat bermanfaat agar tidak lupa absen ketika mengikuti suatu perkuliahan atau forum.

Contoh Kalimat Deklaratif

Contoh Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif merupakan kalimat yang bersifat memberi pernyataan. Sehingga fungsi dari kalimat deklaratif ini lebih ke arah memberikan informasi mengenai suatu hal yang sedang dibicarakan.

Kalimat deklaratif merupakan jenis kalimat yang banyak memberikan informasi mengenai suatu hal, sehingga informasi tersebut dapat dipahami oleh semua orang. Adanya kalimat imperatif ini dapat memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari hal yang dijelaskan.

Untuk memudahkan dalam belajar kalimat deklaratif, akan lebih baik jika langsung belajar bagaimana saja contoh kalimat deklaratif yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh kalimat deklaratif:

1. Kebakaran telah terjadi pada kawasan industri Cisarua Bogor

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai insiden kebakaran yang telah terjadi. Dimana insiden tersebut terjadi pada kawasan industri cisarua bogor.

2. Gempa bumi dengan skala richter 5 telah terjadi pada kawasan Lombok

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai insiden bencana alam yang terjadi di lombok. Dimana, bencana alam tersebut adalah gempa bumi dengan kekuatan 5 skala ricter.

3. Saya akan menghadiri undangan pernikahan teman di daerah Jakarta

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai pernyataan untuk menghadiri sebuah acara.

4. Rani akan memulai kehidupan kampusnya pada tahun 2019

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai informasi bahwa perkuliahan rani akan dimulai pada tahun 2019. Sehingga akan banyak hal yang dipersiapkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

5. Ayah sudah pulang dari bekerja di luar kota

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai keberadaaan ayah yang sudah dirumah. Dimana, ayah sudah pulang kerja dari tugasnya di luar kota.

Contoh Kalimat Interogatif

Contoh Kalimat Interogatif

Kalimat interogatif merupakan kalimat yang mengandung pertanyaan. Kalimat interogatif digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang ingin diketahui. Sehingga dapat dikatakan bahwa kalimat interogatif adalah kalimat tanya yang digunakan untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dengan kalimat tersebut.

Kalimat interogatif dapat digunakan untuk menambah wawasan atau sedekar mengkonfirmasi apakah jawaban yang diberikan adalah jawaban yang benar atau hanya suatu kebohongan saja. Untuk memudahkan dalam belajar kalimat interogatif, akan lebih baik jika langsung belajar bagaimana saja contoh kalimat interogatif yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh kalimat interogatif:

1. Apakah kamu yang menyebabkan kebakaran hutan di wilayah pengunungan Malang?

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai adanya informasi yang ingin diketahui terkait tersangka kebakaran hutan.

2. Bagaimana caranya agar kamu sampai dikampus meskipun cuaca tidak mendukung?

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai cara kreatif anda bisa sampai dikampus, meskipun dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung.

3. Mengapa kamu melakukan hal ceroboh dengan meninggalkan kunci didepan pintu rumah?

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai keingintahuan alasan anda meninggalkan kunci didepan pintu.

4. Apakah kamu tahu kecelakaan yang terjadi tadi?

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai keingintahuan mengenai peristiwa kecelakaan.

5. Dimana kamu akan tinggal jika diterima di universitas luar negeri?

Kalimat tersebut menjelaskan mengenai keingintahuan tempat tinggal yang akan digunakan selama berada di luar negeri.

Dengan adanya beberapa contoh dari masing-masing kalimat seperti kalimat imperatif, deklaratif, dan interogatif, kita dapat membandingkan dan membedakan masing-masing dari perbedaan setiap kalimat.

Hal ini dikarenakan, setiap kalimat tersebut memiliki perbedaan tujuan dan fungsinya. Sehingga kalimat tersebut harus digunakan sesuai dengan fungsinya, agar kita tidak salah memberikan perintah atau argumen terhadap hal lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend