Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya

5+ Contoh Teks Eksplanasi Budaya Beserta Strukturnya (Singkat)

Ada berbagai macam jenis teks yang yang selama ini sering digunakan oleh masyarakat untuk membuat sebuah karangan. Contohnya seperti teks narasi, teks deskripsi, teks argumentasi dan lain sebagainya. Tetapi, tahukah kamu apa teks yang berisikan penjelasan bagaimana suatu kejadian tersebut dapat terjadi dan apa saja sebabnya?

Teks tersebut disebut juga dengan teks eksplanasi. Dengan menggunakan teks eksplanasi kita dapat menjelaskan secara rinci suatu kejadian dapat terjadi dan apa saja sebabnya.

Nah, pada artikel ini saya akan memberikan kepada Anda beberapa contoh dari teks eksplanasi budaya. Berikut adalah 5 contoh teks eksplanasi budaya yang dapat Anda lihat seperti pada contoh dibawah ini.

5 Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisikan mengenai proses mengapa dan juga bagaimana sebuah peristiwa sosial, budaya, alam, ilmu pengetahuan dan peristiwa lainnya dapat terjadi. Sebuah peristiwa seperti peristiwa alam dan juga sosial yang sudah terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta proses.

Peristiwa yang sudah atau sedang terjadi disekeliling kita sudah sepantasnya tak hanya kita rasakan dan amati saja, namus kita harus membuatnya sebagai sebuah pembelajaran. Seperti kita menelaah mengapa peristiwa itu dapat terjadi dan juga bagaimana dapat terjadi peristiwa seperti itu. Dibawah ini merupakan 5 contoh teks eksplanasi budaya :

1. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Karapan Sapi

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Karapan Sapi

Pernyataan Umum :

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan disetiap daerahnya. Hal itulah yang membuat Indonesia menarik dimata para turis-turis yang mengunjungi Indonesia untuk berlibur. Salah satu daerah yang memiliki kebudayaan yang khas yaitu pulau Madura. Pulau ini tak hanya dikenal dengan penghasil garam, namun pulai ini juga merupakan penghasil sapi-sapi pacuan yang memiliki kualitas yang terbaik.

Dan para pemilik sapi tersebut sering kali memberikan makanan berupa 80 butir telur pada tiap harinya. Hal itu dimaksudkan agar stamina dan juga kekuatan para sapi tersebut dapat terjaga. Dan para pemilik sapi tersebut biasanya memperlakukan sapi-sapinya dengan sangat istimewa seperti menghiasi kandang sapinya dengan senyaman mungkin.

Penjelasan :

Kebudayaan khas dari pulau Madura ini ialah karapan Sapi. Karapan sapi adalah sebuah perlombaan pacuan sapi dan berasal dari Jawa Timur, khususnya di Madura. Dan bagi sebahagian masyarakat Madura, budaya ini tak hanya suatu pesta rakyar ataupun acara yang wajib diselenggarakan pada setiap tahunnya dan kemudian diwarisi dengan cara turun temurun.

Akan tetapi budaya ini adalah sebagai sebuah simbol prestise yang bisa mengangkat harkat dan juga martabat dari masyarakat Madura itu sendiri. Hal itu dikarenakan sapi yang mereka gunakan untuk perlombaan tersebut adalah sapi yang memiliki kualitas terbaik dan pastinya juga diperlakukan dengan sangat istimewa.

Penutup :

Dilihat dari pagelarannya, Karapan Sapi asal Madura ini tergolong kebudayaan yang sangat unik, bukan hanya diwarisi dengan cara turun-temurun sampai sekarang, tetapi pagelaran ini juga sudah dijadikan sebagai pagelaran pariwisata yang ada di Indonesia. Bukan hanya turis lokal saja yang banyak menyaksikan pagelaran ini, tetapi turis mancanegara pun juga banyak sekali yang menyaksikan pagelaran Karapan Sapi ini. Ini membuktikan bahwasanya Indonesia memiliki budaya yang sangat khas.

2. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Wayang

wayang

Pernyataan umum :

Wayang adalah sebuah pagelaran seni yang berasal dari Indonesia, dan Wayang sudah berkembang dari dulu hingga sekarang di Pulau Bali dan juga Pulau Jawa. Tidak hanya ada di kedua daerah tersebut, pertunjukan wayang ini juga sangat populer di Semenanjung Malaya dan pulau Sumatera. Yang mana budaya ini dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan juga Jawa.

Penjelasan :

UNESCO yang merupakan sebuah lembaga kebudayaan dunia menetapkan wayang menjadi  sebuah pertunjukan bayangan boneka yang sangat terkenal dari Indonesia pada tanggal 7 Nov tahun 2013. Wayang juga ditetapkan sebagai sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai didalam seni yang bertutur.

Sampai saat ini sejarah yang bisa didapat mengenai wayang yaitu pada awal pertunjukannya berasal dari Prasasti Balitung pada abad ke-4 yang juga bernama si Galigi mawayang. Dan pada saat agama Hindu sudah masuk ke Indonesia dan sudah menyesuaikan budaya yang telah ada dimasa itu, maka wayang juga menjadi media yang sangat efektif untuk dapat menyebarkan agama tersebut. Pagelaran wayang juga menggunakan cerita dari Mahabharata dan Ramayana.

Pada saat Islam telah memasuki Indonesia, maka muncullah boneka wayang yang dibuat dari kulit sapi, yang mana hanya bayangannya saja yang tampak di pagelaran tersebut. Nah, wayang itulah yang biasa kita kenal dengan sebutan wayang kulit. Tidak hanya itu, terdapat juga wayang Sadat yang biasa digunakan untuk memperluas agama Islam, yaitu dengan memperkenalkan berbagai macam nilai-nilai di dalam Islam.

Penutup :

Seperti yang sudah kita ketahui yaitu bersamaan dengan nilai filosodi yang sudah tersimpan didalam pewayangan akan selalu mengajak para masyarakatnya untuk selalu berbuat kebaikan dan juga untuk menghindari kejahatan. Tidak hanya itu saja, pewayangan tersebut juga mengajak kita untuk menanamkan kepada para masyarakat untuk selalu semangat amar ma’ruf nahi mungkar

Dan kita juga harus sadar dan ikut membantu dalam melestarikan budaya ini di negara kita, kita dapat melakukannya dengan cara yang sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

3. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Meredupnya Budaya di Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Meredupnya Budaya di Indonesia

Pernyataan umum :

Budaya yang berkembang di Indonesia pada saat ini makin hari makin meredup dikarenakan kesadaran para masyarakatnya yang juga kurang, kurang dalam mengkomunikasi budaya serta kurang dalam pembelajaran tentang budaya.

Hal itulah yang membuat budaya Indonesia turun secara drastis dikarenakan kebanyakan para masyarakat memilih mengikuti budaya asing yang dinilai lebih sesuai dengan perkembangan zaman serta lebih praktis. Para masyarakat menganggap budaya asing tersebut lebih keren dan juga praktis, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Padahal banyak juga budaya asing yang dianggap lebih keren, namun tak sesuai dengan jati diri serta budaya di negara kita Indonesia.

Penjelasan :

Hal itu juga yang membuat kebudayaan kita tak lagi diurus dan secara perlahan menghilang atau bisa diklaim Negara lain. Oleh karena itu, komunikasi adalah hal yang sangat penting agar tak terjadi kesalah pahaman mengenai budaya yang kita anut.

Dan komunikasi yang kurang juga dapat membuat antar suku mengalami pertikaian dan menyebabkan dampak di kesatuan dan juga persatuan kita. Dan kita juga perlu memperhatikan komunikasi dikalangan masyarakat dengan cara memperkenalkan budaya kita satu sama lain dan menyebarkannya juga kepada generasi penerus bangsa. Itu bertujuan untuk budaya kita dapat terus hidup.

Penutup :

Kurangnya mempelajari budaya juga dapat menyebabkan budaya kita perlahan-lahan menghilang. Oleh karena itu, kita harus mempelajari budaya kita sejak usia dini, seperti sekarang ini kita sudah menerima mata pelajaran yang ada di sekolah yang bernama seni budaya.  Untuk itu, budaya Indonesia dapat terjaga dengan berbagai cara, contohnya dengan mengajari tentang budaya Indonesia ke anak-anak.

4. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Ngaben

ngaben

Pernyataan Umum :

Budaya adalah sebuah nilai yang terdapat di setiap kelompok masyarakat. Budaya tersebut juga dibedakan dengan kelompok yang satu dan kelompok yang lainnya. Budaya yang terbilang cukup unik salah satunya yaitu Ngaben, budaya ini sering kali menjadi suatu daya tarik bagi turis dari mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Penjelasan :

Tradisi ngaben ini adalah tradisi dimana sejumlah orang mengurus jenazah dari seseorang yang sudah meninggal dan kemudian dikremasi dengan cara adat istiadat Bali.

Namun tak semua para turis diperbolehkan untuk menyaksikan acara atau upacara yang sakral ini, hal itu disebabkan karena turis tersebut harus mendapatkan izin dari keluarga yang jenazah yang sudah meninggal tersebut.

Walaupun diadakan seperti penuh gembira dan juga meriah, tetapi tetap saja upacara tersebut adalah acara yang memberikan duka yang dalam bagi para keluarganya.

Penutup :

Upacara yang sangat meriah itu memiliki tujuan untuk para keluarga merasa tidak merasa sedih dan mereka berharap agar arwah dari jenazah tersebut bisa hidup dengan bahagia di surga sana.

Kebudayaan Ngaben ini adalah sebuah tradisi mengurus jenazah termahal dan juga terlama. Hal itu dikarenakan keluarganya harus membayar biaya pemakaman yang besar. Apalagi beberapa perlengkapan dari upacara dan juga keagamaan tersebut haruslah disediakan.

Walau begitu, tradisi tersebut masih bisa dilaksanakan dan juga masih menjadi sebuah tradisi yang terus dipertahankan oleh masyarakat Hindu yang ada di Bali.

5. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari Saman

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari Saman

Penyataan Umum :

Tari saman adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam, yakni berasal dari suku Gayo Lues. Tarian ini juga diciptakan oleh SYekh Saman yang merupakan seorang ulama yang terkenal pada abad ke 14. Tari Saman juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda dunia.

Penjelasan :

Dan awalnya, tarian ini hanya merupakan permainan masyarakat yang sering disebut dengan Pok Ane. Pok Ane memiliki arti yaitu menepuk tangan sambil bernyanyi. Permainan itu juga sangat sering dimainkan oleh anak laki-laki pada saat pulang sekolah, bekerja disawah, dan juga mengaji.

Nah, pada saat agama Islam sudah menyebar di Aceh, permainan tersebut pun juga berkembang secara pesat. Tarian ini sudah dimulai dengan iringan lantunan syair dan berisi pujian kepada Sang khalik.

Penutup :

Tarian ini bukanlah hanya hiburan semata, tetapi tarian ini juga dianggat menajdi sebuah media untuk bisa membangkitkan kembali semangat juang pada kaum muda. Hal itu dikarenakan didalamnya sudah mengandung pesan moral yang sangat kuat.

Setiap baik didalam syair yang mengiringi tarian ini adalah merupakan suatu rasa syukur dan juga berkah yang dirahmatkan oleh Alla SWT. Dengan begitu, maka tarian ini sudah mengajarkan pentingnya kekeluargaan, kebersamaan, keberanian dan juga kekompakan.

Demikianlah artikel mengenai teks eksplanasi, semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend