Windows 7 dan Windows 10

Dibalik Penghentian Windows 7 Dan Pentingnya Beralih ke Windows 10

NESABAMEDIA.COMSudah beberapa bulan berjalan, setelah Microsoft mengumumkan secara resmi menghentikan dukungan pada Windows 7 dan meminta pengguna untuk melakukan peningkatan ke Windows 10. Hal ini sudah bukan sebuah kejutan lagi, sebab Microsoft sejak dulu sudah mengatakan hanya akan memberikan dukungan pada Windows 7 selama 10 tahun saja, sejak sistem operasi itu dirilis pertama kali pada tahun 2009 silam. 

Itu berarti, Microsoft tidak akan memberikan bantuan teknis atau pembaruan pada perangkat yang masih menggunakan sistem operasi ini. Microsoft justru akan menyarankan pengguna untuk beralih ke Windows 10 agar lebih aman. 

Alasan Microsoft Menghentikan Dukungan Windows 7

Selama bertahun-tahun sejak perusahaan tersebut membuat sistem operasi untuk perangkat komputer, mereka memiliki kebijakan yang unik. Untuk masing-masing sistem operasi, Microsoft memberikan dukungan minimal selama 10 tahun. Lima tahun untuk dukungan utama dan lima tahun berikutnya untuk dukungan tambahan. Dukungan itu termasuk pada pembaruan program dan fitur keamanan, topik bantuan, dan juga bantuan berbayar. 

Windows 7 dirilis pada tahun 2009, jadi jika mengacu pada kebijakan unik Microsoft, maka tidak heran jika dukungannya resmi dihentikan pada tahun 2019-2020. Jika melihat Windows 10 yang dirilis pada tahun 2015, kemungkinan besar sistem operasi baru nanti akan dirilis pada tahun 2025-an.

Perangkat Windows 7 Akankah Tetap Berfungsi?

Ya, perangkat komputer yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 masih bisa digunakan seperti biasa. Namun perlu ditekankan kembali, bahwa Microsoft tidak akan memberikan bantuan dan juga pembaruan pada aplikasi dan sistem operasi tersebut. Ini berarti, perangkat tersebut akan tertinggal oleh teknologi terbaru, dan rentan menjadi sasaran serangan siber, seperti virus dan malware.

Haruskah Beralih ke Windows 10?

Tidak ada pihak yang memaksa pengguna untuk harus beralih dari Windows 7 ke Windows 10. Namun alangkah lebih baiknya untuk meningkatkan sistem operasi komputer yang digunakan ke Windows 10.

Windows 10 menawarkan sejumlah aplikasi dan fitur-fitur baru dengan teknologi yang jauh lebih baik. Seperti Windows Defender dengan teknologi terbaru yang mampu melindungi perangkat dari serangan virus dan malware yang semakin berbahaya setiap harinya. 

Kemudian ada sejumlah aplikasi yang terintegrasi dengan teknologi Cloud, yang sangat memudahkan dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan, karena sistem manajemen yang lebih efisien dan efektif. 

Leave a Reply

Send this to a friend