DirectStorage SSD NVMe Lebih Cepat 70% Dibandingkan di Win32

DirectStorage SSD NVMe Lebih Cepat 70% Dibandingkan di Win32

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa API DirectStorage Microsoft kini akhirnya telah tersedia untuk Windows 10 dan Windows 11.

API DirectStorage ini merupakan bagian dari apa yang disebut perusahaan sebagai Xbox Velocity Architecture, yang memulai era baru dari cepatnya waktu pemuatan dan dunia yang terperinci dalam game PC.

DirectStorage ini kompatibel dengan perangkat Windows 10, namun Windows 11 memiliki pengoptimalan penyimpanan terbaru dan merupakan jalur yang paling direkomendasikan untuk bermain game. Menurut informasi dan demo yang dihadirkan dari sebuah game yang menggunakan fitur DirectStorage dalam event Game Developers Conference 2022, ada beberapa hal yang menarik.

Demo dilakukan pada beberapa adegan pemuatan dari game Forspoken yang menunjukkan peningkatan ketika menggunakan DirectStorage, dan perbedaannya terlihat sangat besar, apalagi ketika menggunakan SSD berbasis SATA. Perbedaan kinerja itu semakin besar dengan menggunakan SSD NVMe yang lebih cepat. 

Keuntungan yang disebutkan di atas sangat mengesankan ketika anda melihat angka yang muncul saat menggunakan SSD NVMe, karena peningkatannya hampir menyentuh angka 70%, yakni 4.829MBps bila dibandingkan dengan Win32 yang hanya 2.862MBps.

Scene Pemuatan Game Dengan DirecStorage

Scene Pemuatan Game Dengan DirecStorage

Dari segi waktu pemuatan, perbedaannya tidak sebesar itu, tetapi ini berpotensi menyiratkan kecepatan pemuatan yang lebih cepat di judul-judul game tertentu di masa mendatang.

DirectStorage di M.2 SSD mampu memuat dalam waktu 1.9 detik. Kemudian di SATA SSD waktu yang dibutuhkan sebesar 3.7 detik, sementara di HDD biasa pada umumnya, waktu pemuatan terpaut sangat jauh yakni 21,5 detik.

Sesi dalam event itu juga membahas soal kolaborasi antara AMD dan Luminous Production pada judul game yang akan datang, yakni Forspoken. Kemitraan tersebut menghasilkan penerapan berbagai teknologi AMD ke dalam game, termasuk oklusi ambien ruang layar, pantulan ruang layar, bayangan raytraced dan Resolusi Super AMD FidelityFX

Seperti yang disebutkan di atas, DirectStorage kini sudah tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna Windows 10 dan Windows 11, sehingga ini kesempatan anda untuk mulai mendapatkan manfaat dari fitur tersebut. Jika anda sudah merasakan fitur tersebut, sampaikan tanggapan anda di kolom komentar.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend