Huawei Masih Menjadi Yang Pertama di Pasar Smartphone 5G Cina

Huawei Masih Menjadi Yang Pertama di Pasar Smartphone 5G Cina

NESABAMEDIA.COMBaru-baru ini, sebuah agensi riset merilis laporan dengan tajuk ‘2021 5G Mobile Phone Report’. Laporan tersebut menunjukkan bahwa meskipun Huawei tidak banyak merilis smartphone 5G, namun mereka masih mampu menempati ranking pertama di pasar smartphone 5G Cina. Sementara untuk penjualan terbanyak, ada iPhone 12, 12 Pro Max dan 12 Pro yang menempati urutan pertama sampai ketiga. 

Data itu mengungkap bahwa Huawei telah menjadi pemimpin di pasar smartphone 5G Cina dengan pangsa pasar sebesar 29,2%. Vivo berada di urutan kedua dengan 15,4% sementara Apple di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14,1% dan terus mendapatkan peningkatan popularitas. 

Pasar Smartphone 5G Cina 2021

Pasar Smartphone 5G Cina 2021

Data interaktif harian juga menghitung pangsa pasar smartphone 5G baru pada tahun 2021. Semakin tinggi pangsa pasar baru, semakin tinggi pula popularitas merek tersebut. Data menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2021, smartphone 5G Huawei memiliki pangsa pasar baru sebesar 22,8% dan menempati peringkat pertama.

Dalam hal ini, Apple menempati urutan kedua dengan raihan sebesar 17,5%. Meskipun tidak memiliki banyak model, peringkatnya cukup tinggi. Vivo dan Oppo menempati peringkat ketiga dan keempat, sedangkan Xiaomi menempati peringkat kelima dengan pangsa pasar sebesar 12,6%. 

Sementara untuk smartphone di Top 20 dengan pangsa pasar baru tahun 2021, iPhone 12 series mampu memborong posisi tiga teratas. Akan tetapi Huawei Nova 7 series, P40 series, dan Mate 30 series semuanya masuk dalam daftar tersebut. 

Dari analisa waktu peluncuran masing-masing model smartphone, di antara model yang masuk dalam daftar Top 20, hanya empat model yang diluncurkan pada tahun 2021. Itu adalah iPhone 13, Honor 50, Redmi K40 dan Oppo A93. Sementara sisanya diluncurkan pada tahun 2020. 

Dari laporan di atas, bisa disimpulkan bahwa smartphone 5G mulai menjadi bagian penting dari pasar smartphone di Cina. Sebelumnya, institusi riset lain telah memperkirakan bahwa pasar smartphone 5G Cina memiliki tingkat penetrasi paling tinggi di dunia. Ini berkat peran dari operator telekomunikasi Cina dan pabrikan yang ada di sana. 

Kompetisi di pasar smartphone 5G akan semakin intens di masa mendatang, dan ini jelas akan menghadirkan kegembiraan tersendiri bagi para pengguna. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend