Download AkelPad Terbaru

Download AkelPad 4.9.8

Download AkelPad Terbaru Developer: AkelPad
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 1MB



AkelPad adalah text editor yang sama ringannya seperti Notepad tetapi dengan jumlah fitur yang jauh lebih lengkap. Dukungannya terhadap plugin pun makin menambah panjang daftar fitur yang dimilikinya.

Sudah beberapa tahun AkelPad tidak mendapatkan update tapi sebenarnya software ini masih tetap dikembangkan. Ini bisa dilihat dari beberapa plugin AkelPad yang terus diperbarui dan diskusi yang masih cukup ramai di forum resminya.

Fitur dan Keunggulan AkelPad

Download AkelPad Terbaru

Tampilan AkelPad Terbaru

Tampilan AkelPad sangat mirip dengan Notepad. Perbedaannya hanya ada pada logo, status bar, menu Options dan Format, line highlight yang menandai lokasi kursor atau baris dimana kursor berada, dan horizontal scrollbar. Selebihnya tidak ada yang berbeda jika hanya ditinjau dari segi tampilan.

Perbedaan di antara keduanya mulai sangat terasa setelah semua fitur AkelPad dijelajahi. Pada menu File, misalnya, anda akan menemui opsi Recent Files yang memuat daftar file yang sudah dibuka sebelumnya. Sedangkan di dalam menu Edit anda akan melihat sejumlah opsi untuk mengubah huruf besar menjadi kecil dan membuat setiap kata selalu diawali huruf kapital.

AkelPad juga menyediakan fitur Always On Top yang membuatnya selalu tampil paling depan ketika anda membuka beberapa jendela software sekaligus. Dengan fitur ini anda bisa lebih leluasa dalam menambahkan catatan setiap kali menemukan informasi penting pada saat menjelajahi internet.

Split Window adalah fitur unik lainnya dari AkelPad. Ketika fitur ini diaktifkan, area dokumen akan di split menjadi beberapa bagian terpisah yang masing-masing dapat diedit seperti biasanya. Ada tiga pilihan yang tersedia, yaitu split menjadi empat bagian, menjadi dua bagian horizontal atau dua bagian vertikal.

AkelPad juga memiliki fitur multi window yang bisa diaktifkan untuk membuka beberapa file sekaligus. Setiap file akan dimuat di tab berbeda. Akan tetapi, anda harus membuat tab baru terlebih dahulu jika ingin membuka file lain tanpa menutup file yang sudah ada.

Pada bagian Settings, anda akan menemui lebih banyak pilihan untuk mengatur AkelPad. Diantaranya yaitu menentukan jumlah file yang dimuat di dalam Recent Files, mengubah ukuran tab, menentukan jumlah undo, menonaktifkan line highlight, mengatur margin, membuka hyperlink dengan klik ganda, menyimpan settings di dalam registry atau file INI, dan sebagainya.

Download AkelPad Terbaru

Fitur AkelPad juga bisa ditambah dengan menggunakan plugin. Beberapa fitur tambahan tersebut antara lain syntax highlighting, menampilkan konfirmasi untuk mencegah tertutupnya AkelPad secara tidak sengaja, menampilkan AkelPad dalam full screen dan menambahkan nomor pada baris dan kolom.

Fitur lainnya yaitu auto save, melanjutkan sesi sebelumnya sehingga tidak perlu membuka file yang sama berulang kali, minimize AkelPad ke system tray, spell check, membuat template dokumen, menambahkan efek suara pada keyboard, dan masih banyak lagi lainnya. Download AkelPad terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]

Leave a Reply

Send this to a friend