Download Notepad2 4.2.25

Download Notepad2 Terbaru Developer: Notepad2
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB


Apabila Notepad dirasa terlalu sederhana untuk kebutuhan anda, tersedia banyak alternatif untuk menggantikannya. Notepad2 adalah salah satu diantaranya. Jika dilihat sepintas kesannya seperti tidak jauh berbeda dengan Notepad maupun Wordpad, tapi Notepad2 memiliki sejumlah fitur yang mungkin akan membuat anda enggan untuk kembali menggunakan kedua software bawaan Windows tersebut.

Awal mula dikembangkannya Notepad2 bermula dari keinginan pengembangnya, Florian Balmer, untuk mencari dan menggunakan text editor yang memiliki fitur syntax highlighting. Tapi dalam pencariannya ia justru menemukan Scintilla dan kemudian menggunakannya untuk membuat versi lain dari Notepad. Tak lama kemudian lahirlah Notepad2 yang jauh lebih unggul daripada Notepad.

Fitur dan Keunggulan Notepad2

Download Notepad2 Terbaru

Tampilan Notepad2 Terbaru

User Interface

Keberadaan toolbar yang terletak di bawah menu serta nomor baris di sebelah kiri area dokumen membuat tampilan Notepad2 terlihat agak berbeda dengan Notepad. Toolbar tersebut memuat berbagai tombol untuk membuka dan menyimpan file, mencari dan mengganti kata, undo dan redo, copy dan paste, cut, zoom, mengaktifkan atau menonaktifkan word wrap, dan memilih skema sintaks.

Visual Brace Matching

Di antara sekian banyaknya kode yang ada, terkadang cukup sulit untuk menemukan tanda kurung kurawal pembuka atau penutup. Untuk mengatasinya, Notepad2 menyediakan fitur brace matching yang aktif secara default. Fitur ini merubah warna tanda kurung kurawal dari hitam menjadi merah setiap kali anda meletakkan panah mouse disampingnya. Kekurangannya, kode yang ada di dalam tanda kurung kurawal tidak di highlight seperti di UltraEdit.

Sticky Window Position

Misalnya saja anda meletakkan jendela Notepad2 di sisi kiri layar monitor, maka ketika anda membukanya kembali di lain waktu, Notepad2 akan terbuka tepat di posisi yang sama sampai anda memindahkannya. Dengan kata lain, posisi Notepad2 saat dibuka kembali akan sama persis seperti posisi sebelumnya.

Situasi di atas akan berbeda apabila anda mengaktifkan fitur Sticky Window Position. Fitur ini mengunci posisi jendela Notepad2. Jika anda menyeret jendela Notepad2 ke sebelah kanan layar, lalu mengaktifkan fitur ini, maka selanjutnya Notepad2 akan selalu terbuka di sebelah kanan sekalipun anda pernah memindahkannya ke sebelah kiri.

Download Notepad2 Terbaru

Saat mengembangkan Notepad2, fokus utama pengembangnya adalah fitur syntax highlighting. Terdapat beberapa skema sintaks untuk xml, css, perl, python, diff, visual basic, txt, html, javascript dan lain-lain. Anda pun bisa mengubah warna-warna yang digunakan di dalam setiap skema tersebut.

Fitur lainnya yaitu search and replace, transparent mode yang membuat jendela Notepad2 menjadi transparan, history yang memuat daftar file yang pernah dibuka, indentation guides untuk menandai posisi indentasi, always on top, menutup Notepad2 dengan menekan tombol Esc pada keyboard, minimize to tray, menambahkan dan menghapus tombol toolbar, dan line highlight. Download Notepad2 terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend