Download Vim Text Editor

Download Vim Text Editor 8.1

Download Vim Text Editor Developer: Bram Moolenaar
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 9MB



Vim adalah text editor yang seringkali direkomendasikan untuk programmer yang sudah berpengalaman. Keistimewaannya yaitu apapun yang dilakukan di dalam Vim, semuanya bisa dilakukan dengan keyboard. Dengan demikian pengguna tidak perlu lagi berpindah-pindah antara keyboard dan mouse.

Meskipun demikian, sejak awal Vim tidak hanya ditujukan untuk programmer. Vim dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam mengedit teks sehingga bisa digunakan pula untuk keperluan lain seperti menyusun pesan email atau menulis artikel.

Keunggulan Vim Text Editor

Download Vim Text Editor

Tampilan Vim Text Editor

Coding tanpa mouse

Lupakan mouse anda karena hampir semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan keyboard. Vim memang sengaja didesain seperti itu karena diyakini dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih efisien. Akan tetapi, efisiensi ini hanya akan benar-benar diraih apabila anda sudah menguasai touch typing.

Shortcut khusus

Shortcut key yang biasanya anda pakai di text editor lain, yang juga umum dipakai oleh software lainnya, tidak akan bekerja di Vim. Sebagai contoh, untuk menyimpan file, yang digunakan bukanlah Ctrl + S, melainkan :w.

Autocomplete

Vim memiliki fitur autocomplete untuk menambahkan sebuah kata tanpa harus mengetik seluruh hurufnya. Cara kerjanya seperti ini, misalnya saja anda sering mengetik kata “komputer”. Daripada mengetikkan kata yang sama berulang kali, anda bisa mengetik “ko” lalu menekan Ctrl + N. Secara otomatis kata tersebut akan dilengkapi menjadi “komputer”.

Jika ada lebih dari satu kata yang berawalan “ko” (misalnya “komputer” dan “kopi”), maka akan muncul pop-up yang berisi semua kata tersebut. Selanjutnya anda hanya perlu mengklik kata yang diinginkan. Agar kata bisa dilengkapi secara otomatis tanpa memilih kata di dalam pop-up, maka solusinya anda bisa mengetikkan lebih banyak karakter, misalnya “kom” atau “kompu” sebelum menekan Ctrl + N.

Kata yang digunakan di dalam autocomplete adalah setiap kata yang sudah ada di dalam dokumen yang sedang dikerjakan.

Folding

Fitur folding berfungsi untuk menyembunyikan kode atau teks. Tujuannya yaitu agar anda bisa fokus pada bagian yang paling penting dengan menyingkirkan bagian-bagian lain untuk sementara waktu. Bagian yang disembunyikan dapat dimunculkan kembali kapan pun anda memerlukannya.

Download Vim Text Editor

Pilihan “Edit with Vim” muncul di dalam menu konteks pada saat anda mengklik kanan sebuah file. Integrasi ini terjadi secara otomatis setelah anda menginstall Vim. Apabila pilihan tersebut tidak muncul karena sebab tertentu, anda bisa menambahkannya sendiri secara manual.

Vim termasuk text editor yang sangat powerful tapi dibutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Untuk memulai menggunakannya saja tidak mudah. Sebagai contoh, anda harus masuk ke mode insert terlebih dulu untuk mulai mengetik. Tanpa membaca dokumen help atau tutorial, sepertinya mustahil untuk bisa menguasai Vim secara keseluruhan. Tapi setelah anda terbiasa dengan Vim, produktivitas anda akan lebih tinggi daripada biasanya. Download Vim Text Editor terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend