Download Hard Disk Sentinel

Download Hard Disk Sentinel 5.50

Download Hard Disk Sentinel Developer: Hard Disk Sentinel
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 27MB



Seberapa pun mahalnya hard drive yang anda beli, pada akhirnya hard drive tersebut akan rusak seiring waktu. Semakin sering anda gunakan, maka hard drive tersebut akan semakin rentan terhadap kerusakan. Yang menjadi masalah, kerusakannya seringkali terjadi secara tidak terduga. Banyak hard drive yang bisa bertahan selama bertahun-tahun, tapi banyak juga yang rusak setelah dipakai kurang dari satu tahun.

Karena hard drive adalah bagian dari komputer yang bertugas untuk menyimpan file, maka rusaknya hard drive juga akan berdampak buruk pada file-file tersebut. Sebagian file mungkin juga turut rusak sehingga isinya tidak lagi utuh atau bahkan sama sekali tidak bisa diakses. Untuk mencegahnya, anda harus mengetahui kondisi hard drive setiap saat. Software yang akan sangat membantu anda dalam hal ini adalah Hard Disk Sentinel.

Fitur Hard Disk Sentinel

Download Hard Disk Sentinel

Tampilan Hard Disk Sentinel

Hard Disk Sentinel memonitor kesehatan hard drive secara terus-menerus. Laporan yang disajikannya pun sangat mendetail, tapi anda juga bisa langsung mengetahui kondisi hard drive tanpa harus membaca laporan tersebut, yaitu melalui indikator suhu yang terletak di system tray. Dengan menempatkan kursor mouse di atas indikator suhu tersebut, informasi singkat yang menunjukkan status kesehatan hard drive akan langsung tampil.

Cara lain untuk melihat bahwa hard drive anda masih dalam keadaan baik-baik saja adalah melalui File Explorer. Bentuk icon untuk setiap drive di dalam File Explorer akan mendapatkan sedikit perubahan berupa dua indikator yang menunjukkan kondisi kesehatan hard drive dan jumlah ruang penyimpanan hard drive yang sudah terpakai.

Sedangkan untuk indikator suhu yang ada pada system tray, tidak hanya angkanya saja yang berubah sesuai dengan temperatur hard drive, tapi juga warnanya. Selama suhu hard drive masih di bawah 43 derajat celcius, warna indikator akan tetap hijau. Tapi jika suhunya lebih tinggi dari itu, maka warnanya akan berubah menjadi kuning. Di atas 50 derajat celcius, warna indikator menjadi merah.

Di dalam jendela Hard Disk Sentinel, ada bagian khusus yang melaporkan suhu hard drive secara lebih terperinci. Dari situ anda bisa mengetahui suhu tertinggi hard drive sejak anda menginstall Hard Disk Sentinel.

Download Hard Disk Sentinel

Hard Disk Sentinel juga dapat melakukan beberapa tindakan ketika status kesehatan hard drive menurun hingga di bawah 50% atau 25% (atau ketika suhu hard drive melonjak tinggi) seperti menampilkan notifikasi, membunyikan suara peringatan secara berulang kali, mengirimkan pemberitahuan melalui email, mematikan komputer, dan membuat backup. Opsi pembuatan backup sayangnya hanya tersedia untuk versi Profesional.

Dengan Hard Disk Sentinel, anda bisa mengetahui masalah-masalah yang terjadi pada hard drive sedini mungkin, mendiagnosa semua masalah tersebut, dan memperbaikinya apabila memang masih mungkin untuk diperbaiki. Download Hard Disk Sentinel terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend