Download IrfanView 4.53

Download IrfanView Terbaru Developer: Irfan Skiljan
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 3MB


Meskipun tampilannya sederhana, IrfanView termasuk salah satu software penampil gambar yang sangat populer. Salah satu keistimewaannya yaitu mampu membuka foto beresolusi tinggi dengan cepat. Di samping itu, jumlah fitur yang diusungnya juga berlimpah sehingga memungkinkan anda untuk menggunakan IrfanView lebih dari sekedar menampilkan gambar.

IrfanView dirilis pertama kalinya pada tahun 1996. Itu artinya software yang disediakan secara gratis untuk keperluan personal tersebut sudah beredar lebih dari 20 tahun. Dalam kurun waktu tersebut kemampuan IrfanView terus dikembangkan dengan penambahan berbagai fitur.

Kegunaan IrfanView

IrfanView 1

Salah satu fitur yang sangat penting dalam sebuah software penampil gambar adalah jumlah format gambar yang didukungnya. Dalam hal ini IrfanView mendukung format gambar jpg, png, bmp, psd, webp, dng, eef, nef, ico, gif, crw, ani, cam, heic dan masih banyak lagi lainnya.

Selain format gambar, IrfanView juga mendukung format audio dan video. Dengan demikian IrfanView juga bisa digunakan untuk menonton video dan mendengarkan musik. Beberapa format multimedia yang didukungnya antara lain wav, mp3, avi, mp4, mkv, mov, mpg, wmv dan lain-lain.

Untuk menampilkan gambar, selain dengan cara manual, IrfanView juga menyediakan fitur slideshow. Fitur ini menampilkan setiap gambar yang ada secara bergantian. Jeda waktu antara setiap gambar pun bisa ditentukan sesuai dengan keinginan pengguna.

IrfanView 2

Secara default slideshow akan berhenti dengan sendirinya setelah menampilkan gambar yang terakhir, tapi perilaku default ini bisa diubah dengan mengaktifkan opsi Loop. Opsi ini berfungsi untuk mengulang slideshow secara terus-menerus sampai pengguna menghentikannya dengan menekan tombol Esc pada keyboard.

Di sisi lain, jika gambar ditampilkan secara manual, sebuah jendela kecil akan muncul setelah IrfanView membuka gambar yang terakhir dalam sebuah folder. Jendela tersebut memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengulang kembali dari gambar pertama atau untuk menampilkan gambar lain yang ada di dalam subfolder.

Fitur Unggulan (Batch Conversion)

Download IrfanView Terbaru

Fitur Batch Conversion

Fitur untuk memproses beberapa gambar sekaligus juga tersedia di dalam IrfanView. Fitur tersebut dinamakan batch conversion dan batch rename. Fungsi batch conversion adalah untuk mengubah format gambar, sedangkan batch rename berfungsi untuk mengubah nama gambar.

Setiap format gambar yang tersedia di dalam menu batch conversion tersebut memiliki pengaturannya masing-masing. Contohnya, anda bisa menentukan kualitas gambar untuk format JPG dan PNG, menyimpan pengaturan gambar sebagai profil tersendiri, dan menentukan sharpness (tingkat ketajaman) gambar untuk format WEBP.

Fitur batch conversion juga menyediakan beberapa opsi tambahan seperti menambah watermark berupa teks atau gambar, kompresi file sesuai dengan batas ukuran file yang ditetapkan pengguna (misalnya dari 2MB menjadi 1MB), mengubah resolusi gambar, merubah kedalaman warna, menerapkan efek tertentu seperti vertical atau horizontal flip, merotasi gambar dan masih banyak lagi lainnya.

Download IrfanView Terbaru

Secara keseluruhan, IrfanView sangat ringan dan cepat meskipun memiliki fitur yang sangat banyak. Jika dibandingkan dengan software penampil gambar popuper lainnya seperti FastStone Image Viewer dan XNView, IrfanView mampu mengungguli keduanya dalam hal kecepatan membuka gambar. Ukuran file installernya juga lebih kecil, yaitu hanya sekitar 3 MB. Download IrfanView terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Overall
5
  • Easy to Use
  • Functionality
  • Features
  • Quick To Setup
Sending
User Review
5 (1 vote)

Summary

IrfanView merupakan salah satu software image viewer yang sangat populer, salah satu keistimewaannya yaitu mampu membuka foto beresolusi tinggi dengan cepat.

Leave a Reply

Send this to a friend