Download Memtest86 Terbaru

Download Memtest86 for Windows Terbaru 2023 (Free Download)

Memtest86 Developer: PassMark Software
OS: Windows 7, 8, 10, 11
Lisensi: Freeware
Ukuran: 10.2MB
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
login to vote
Loading...


Jika komputer sering bermasalah, salah satu kemungkinannya adalah RAM yang tidak berfungsi dengan baik. Akibat yang paling parah dari kerusakan RAM adalah hilangnya data yang penting. Bahkan ada kasus harddisk yang seluruh isinya hilang. Untuk mencegah kasus yang sama terjadi pada diri anda, perusahaan PassMark Software mengembangkan sebuah penguji memori yang disebut Memtest86.

Memtest86 terbagi dalam tiga versi. Ada satu versi yang gratis, sedangkan sisanya adalah versi berbayar. Fitur-fitur gratisannya tentu tidak selengkap yang versi berbayar tetapi sudah memadai bagi para pengguna umum untuk melakukan pengujian.

Fitur dan Keunggulan Memtest86

Memtest86

Memtest86 yang versi terdahulu disediakan secara gratis dan berlisensi open source, tetapi sejak versi 5 lisensinya berubah menjadi proprietary. Meskipun demikian, perubahan lisensi tersebut tidak berpengaruh terhadap kemampuan software tersebut. Memtest86 masih tetap merupakan software penguji memori yang handal.

Algoritma Khusus

Tidak mudah untuk mengetahui apakah sebuah memori rusak atau tidak, kecuali jika kerusakannya adalah kerusakan fisik, misalnya patah menjadi dua bagian sehingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Untuk mengecek kondisi memori secara akurat, Memtest86 mengandalkan algoritma yang diklaim sudah dikembangkan selama lebih dari 20 tahun. Saat ini terhitung sudah ada 13 algoritma pengujian yang berbeda.

Kompatibilitas

Memtest86 mendukung semua jenis RAM mulai dari XMP, DDR2 hingga DDR5, SODIMM, dan ECC. Software ini juga bisa dijalankan pada komputer dengan arsitektur 32 dan 64 bit serta ARM yang menggunakan sistem UEFI.

Hasil Analisis

Setelah Memtest86 selesai menguji memori, anda bisa langsung meninjau hasil analisisnya dan menyimpannya dalam format HTML. Laporan hasil analisis tersebut dapat diedit untuk menambah logo, tanda tangan, disclaimer, atau keterangan-keterangan lain. Laporan juga bisa dipercantik susunannya dengan menggunakan salah satu dari beberapa template yang disediakan atau dengan mengedit stylesheet CSS.

Self-Booting

Memtest86 bisa dijalankan dari flash drive dan tidak tergantung pada sistem operasi mana pun juga. Tetapi, untuk pembuatannya tetap harus melalui sistem operasi.

Pembuatan bootable disk untuk Memtest86 membutuhkan kurang lebih antara 7 hingga 8 langkah untuk menyelesaikannya di Windows. Meskipun kedengarannya agak panjang, langkah-langkah tersebut mudah untuk dipahami dan dilakukan.

Download Memtest86 untuk Windows Terbaru

Peranan RAM tak kalah penting dengan hardware lain seperti harddisk dan prosesor. Sebuah komputer tak akan berfungsi normal tanpa RAM. Saat anda membeli RAM, Memtest86 bisa digunakan untuk mengecek kondisi RAM tersebut. Jika ternyata kondisinya bermasalah, hasil laporannya bisa dijadikan sebagai bukti untuk mengklaim garansi.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba Memtest86, siapkan sekitar 1 GB untuk penyimpanan Memtest86. File zip-nya memang berukuran kecil tetapi akan jauh membengkak setelah isinya diekstrak. Download Memtest86 terbaru dan gratis untuk Windows melalui link di bawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend