Download Rapid Typing 5.3

Download Rapid Typing Developer: Rapid Typing
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 15MB


Kemampuan untuk mengetik cepat sangat penting untuk dikuasai jika anda ingin menjadi seorang penulis atau programmer. Sebenarnya, yang perlu anda lakukan untuk bisa mengetik cepat adalah dengan mengetik sesering mungkin. Nantinya seiring waktu anda akan terbiasa dan mampu mengetik tanpa harus melihat keyboard.

Tapi, kemampuan mengetik akan lebih cepat dikuasai apabila anda mengetahui dasar-dasar mengetik seperti penempatan jari yang benar pada keyboard. Kabar baiknya, anda tidak perlu mengambil kursus mengetik. Yang anda perlukan hanyalah Windows dan sebuah software bernama Rapid Typing.

Fitur Rapid Typing

Download Rapid Typing

Tampilan Rapid Typing

Rapid Typing menampilkan sebuah keyboard virtual, lengkap dengan gambar sepasang tangan di atas keyboard, dan sederet huruf yang merupakan bahan pelajaran mengetik. Jari-jari pada tangan tersebut akan berubah warna secara silih berganti sesuai dengan huruf yang harus anda ketik selanjutnya. Sebagai contoh, jika huruf selanjutnya adalah huruf “f”, maka jari telunjuk kiri akan berubah warna dari putih menjadi hijau. Dengan kata lain, warna tersebut menunjukkan jari mana yang harus anda gunakan dalam mengetik setiap huruf.

Selain dengan warna, anda juga akan dibantu dengan teks. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, tapi Rapid Typing juga menyediakan bahasa Indonesia yang bisa anda aktifkan melalui menu. Panduan berupa teks ini sangat membantu pengguna yang buta warna atau yang kesulitan dalam melihat perbedaan warna karena terkadang kontras antara warna jari (hijau) dengan warna keyboard cukup rendah.

Pelajaran pertama yang akan anda dapatkan dari Rapid Typing adalah tahap pengenalan yang menuntun anda dalam mengetik setiap huruf yang ada secara satu-persatu. Pelajaran pertama ini disebut Introduction. Tahap berikutnya adalah Beginner di mana anda akan diminta untuk mengetik serangkaian huruf, termasuk huruf-huruf kapital dan simbol.

Pelajaran yang ketiga disebut Experienced, tapi bahan pelajarannya masih hanya berupa rangkaian kata pendek yang polanya berulang. Sebagai contoh, afa afa afa ala ala ala ali ali ali. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, anda akan dianggap sudah memiliki modal yang cukup untuk mulai menguasai touch typing.

Karena itulah, pada tahap Advanced yang merupakan pelajaran selanjutnya, bantuan visual berupa keyboard virtual dan gambar tangan tidak akan ada lagi. Yang harus anda ketik pun bukan lagi sekedar huruf berjejer atau angka semata, tapi rangkaian kalimat lengkap dalam beberapa paragraf.

Download Rapid Typing

Anda tidak harus mengikuti semua pelajaran tersebut secara berurutan. Apabila anda sudah agak mahir dalam mengetik dengan posisi jari yang sudah benar, anda bisa langsung meloncat ke tahap Advanced untuk mengasah ketrampilan mengetik anda lebih jauh lagi.

Jika anda mampu mengetik cepat tapi hanya menggunakan beberapa jari dalam posisi yang salah, maka anda harus merubah kebiasaan mengetik anda dengan mengikuti pelajaran-pelajaran tersebut mulai dari awal. Download Rapid Typing terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]

Leave a Reply

Send this to a friend