Download Scratch Offline Editor

Download Scratch Offline Editor 3.18.1

Download Scratch Offline Editor Developer: MIT
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 150MB



Belajar pemrograman tidak harus selalu berkutat dengan rangkaian kode yang kompleks. Ada cara lain yang relatif menyenangkan dan lebih mudah, yaitu dengan menggunakan Scratch Offline Editor.

Scratch Offline Editor adalah editor untuk mempelajari bahasa pemrograman Scratch, sedangkan Scratch itu sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Scratch Offline Editor menggunakan blok-blok berwarna yang dapat disusun dengan metode drag and drop untuk membuat game sederhana, untuk mengisahkan sebuah cerita, untuk membuat kartu ulang tahun animasi, atau untuk membuat karya seni lainnya.

Fitur-Fitur Scratch Offline Editor

Scratch Offline Editor

Sprite

Scratch Offline Editor menyediakan beragam sprite untuk diprogram sesuai dengan keinginan. Yang dimaksud sprite adalah gambar atau objek dua dimensi yang bisa dimanipulasi dengan satu atau beberapa script.

Ada bermacam-macam objek. Yang dijadikan sebagai objek default adalah kucing yang muncul setiap kali anda membuat proyek baru, sedangkan objek lainnya berupa balerina, kelelawar, apel, pisang, kumbang, balon, panah, bola basket, pesawat, perempuan, laki-laki, dan lain-lain.

Blok kode

Setiap blok kode merepresentasikan sebuah perintah atau tindakan. Misalnya, blok “move 10 steps” menunjukkan bahwa sprite harus digerakkan ke arah kanan sebanyak 10 spasi. Ada beberapa jenis blok untuk memprogram sprite dan backdrop. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Motion Block untuk menggerakkan sprite, misalnya membuat kucing berjalan
  • Sound Block untuk menambahkan suara dan mengatur level volume.
  • Looks Block untuk mengontrol aspek visual sprite dan backdrop serta untuk menampilkan teks.
  • Data Blocks untuk menyimpan informasi.
  • Events Block untuk mengeksekusi script sebagai respon terhadap sebuah event, misalnya sprite kucing yang berjalan setelah bendera hijau diklik atau setelah tombol spasi ditekan.

Backdrop

Gambar yang digunakan sebagai latar belakang pada Scratch Offline Editor disebut backdrop. Anda bisa menggunakan salah satu backdrop yang sudah tersedia di dalam galeri atau menggunakan gambar milik anda sendiri. Backdrop yang sudah terpasang juga dapat diganti setiap saat.

Download Scratch Offline Editor

Scratch Offline Editor adalah editor Scratch yang bisa digunakan tanpa koneksi internet. Untuk memahami cara menggunakannya, tersedia sejumlah tutorial menarik di situs resmi Scratch. Setiap tutorial bisa diunduh beserta dengan dokumen panduannya yang disebut “Coding Cards”.

Coding Cards merupakan dokumen PDF yang ukuran halamannya dibuat seperti kartu. Setiap kartu berisi instruksi yang harus dijalankan langkah demi langkah mulai dari awal hingga akhir.

Tersedia pula sejumlah proyek menarik yang dibagikan oleh komunitas pengguna Scratch Offline Editor. Anda dapat mengunduh proyek-proyek tersebut sebanyak yang anda inginkan dan kemudian membuka proyek di dalam Scratch Offline Editor untuk mempelajari langkah-langkah pembuatannya. Anda juga bisa membagikan proyek yang sudah anda buat untuk membantu pengguna lain. Download Scratch Offline Editor terbaru dan gratis untuk Windows melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend