Download StarUML Terbaru

Download StarUML Terbaru 2022 (Free Download)

Download StarUML Terbaru Developer: StarUML
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 150MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...


StarUML adalah software untuk mendesain diagram-diagram UML yang memvisualisasikan pemodelan sebuah sistem. Melalui diagram-diagram tersebut, struktur sistem beserta perilakunya dapat lebih mudah dipahami. UML itu sendiri adalah singkatan dari Unified Modelling Language yang merupakan bahasa pemodelan atau bahasa visual, jadi bukan bahasa pemrograman.

Secara keseluruhan ada lebih dari 10 diagram yang didukung oleh StarUML. Diantaranya yaitu diagram Use Case, Timing, Interaction Overview, Statechart, Information Flow, Composite Structure, Class, Sequence, Communication, Package, dan sebagainya.

Fitur-Fitur StarUML

Apa Itu StarUML?

Template

Sebuah proyek pemodelan bisa dimulai dengan menggunakan template. Sejauh ini ada empat template yang disediakan, yaitu UMLMinimal, UMLConventional, 4+1 View Model, Rational, dan Data Model. Memulai proyek tanpa template pun bisa jika memang itu yang ingin anda lakukan.

Command Pallete

Ada banyak perintah di dalam StarUML, termasuk perintah-perintah yang disediakan oleh ekstensinya. Karena jumlahnya yang banyak, terkadang sulit untuk menemukan suatu perintah dengan menelusuri menu StarUML. Sejak versinya yang keempat, StarUML mengusung fitur Command Pallette yang pada dasarnya adalah fitur pencarian untuk menemukan perintah-perintah yang anda butuhkan dalam merancang diagram.

Mendukung SysML

SysML (System Modelling Language) adalah bahasa pemodelan yang ditujukan untuk semua kebutuhan (general purpose). Ada empat diagram SysML yang didukung oleh StarUML, yaitu diagram Internal Block, Requirement, Block Definition, dan Parametric. Dukungan ini muncul sejak versi StarUML yang keempat.

Update otomatis

StarUML mengecek versi terbaru secara rutin dan melakukan instalasinya secara otomatis. Meskipun setiap versi baru tidak selalu mengusung fitur-fitur anyar, biasanya ada perbaikan-perbaikan yang membuat performanya meningkat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Mode thumbnail untuk menampilkan diagram

Jumlah diagram yang semakin bertambah di dalam StarUML akan semakin mempersulit anda dalam mencari diagram tertentu. Oleh karena itulah sejak versi 2.5.0 yang dirilis pada bulan Juli 2015 lalu, StarUML sudah dilengkapi dengan fitur untuk menampilkan semua diagram dalam bentuk thumbnail.

Menyimpan diagram

Proyek diagram dapat disimpan secara keseluruhan dalam format .mdj atau disimpan sebagai fragment dalam format .mfj. Diagram juga dapat diekspor ke format lain seperti dokumen PDF dan HTML atau gambar-gambar high DPI seperti JPEG dan PNG.

Ukuran kanvas

Jika ukuran kanvas tidak cukup untuk menampung semua elemen yang hendak anda masukkan ke dalam diagram, ukurannya dapat anda perlebar. Akan tetapi, jumlah elemen yang terlalu banyak dapat berdampak buruk terhadap performa StarUML.

Download StarUML Terbaru 

Di balik user interface-nya yang intuitif dan menyegarkan mata, StarUML menyimpan banyak fitur tersembunyi yang dapat anda gunakan untuk merancang diagram persis seperti yang anda butuhkan. Fitur-fitur di atas, beserta dengan dukungan StarUML terhadap Model-Driven Development (MDA), Markdown, dan Retina Display, masih belum mencerminkan kapabilitas StarUML yang sesungguhnya. Download StarUML terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend