Download Synaptics Touchpad Driver

Download Synaptics Touchpad Driver 19.2.17.59

Download Synaptics Touchpad Driver Developer: Synaptics
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 21MB



Synaptics Touchpad Driver adalah kumpulan file yang ditujukan agar touchpad yang diproduksi oleh Synaptics dapat berfungsi tanpa ada masalah sedikit pun. Synaptics itu sendiri adalah sebuah perusahaan pengembang hardware dan software yang bermarkas di California.

Di dalam sistem operasi Windows, sebenarnya sudah ada sejumlah driver generik agar setiap komponen hardware bisa langsung digunakan setelah dipasang pada komputer.

Namun, banyak komponen hardware yang disertai dengan driver dari masing-masing perusahaan manufakturnya. Driver yang demikian disebut driver OEM (Original Equipment Manufacturer).

Semua driver OEM tersebut biasanya sudah terinstall pada laptop yang anda beli, termasuk driver OEM untuk touchpad Synaptics. Begitu anda menjalankan Windows, touchpad bisa langsung merespon sentuhan jari untuk menggerakkan kursor, untuk mengklik menu di dalam jendela browser, untuk mengklik link di dalam halaman web, dan sebagainya.

Apa Itu Synaptics Touchpad Driver

Terlepas dari apakah driver itu generik atau OEM, yang terpenting adalah touchpad Synaptics berfungsi seperti yang anda harapkan. Jika ada masalah pada touchpad tersebut, anda bisa mengunduh driver touchpad Synaptics terbaru yang dikemas di dalam Synaptics Touchpad Driver.

Setelah menginstall Synaptics Touchpad Driver, seharusnya semua fitur yang ada pada touchpad Synaptics bisa bekerja seperti yang seharusnya. Beberapa di antara fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Melakukan drag and drop hanya dengan gerakan tap-and-a-half tanpa menekan tombol touchpad.
  • Locking Drags, yaitu fitur untuk melakukan drag and drop tanpa harus menyentuh touchpad setiap saat.
  • Ketika anda sedang menyeret sebuah objek dan jari anda menyentuh bagian tepi touchpad, objek tersebut tetap akan bergerak ke arah yang sama sampai anda mengangkat jari dari touchpad. Fitur ini dinamakan Edge Motion.
  • Virtual Scrolling untuk menggeser halaman secara vertikal dan horizontal tanpa menggerakkan kursor.

Synaptics juga memiliki fitur yang sangat berguna untuk anda yang sering mengetik, yaitu fitur yang mampu mencegah accidental tap ketika anda sedang mengetik. Yang dimaksud accidental tap adalah bagian tangan yang tanpa sengaja menyentuh touchpad sehingga kursor pun berpindah tempat secara mendadak. Akibatnya, teks yang sedang anda ketik tiba-tiba terpotong dan muncul di tempat lain.

Apa Itu Synaptics Touchpad Driver

Memiliki touchpad Synaptics sama seperti memiliki sebuah mouse yang mempunyai tujuh tombol.

Pasalnya, bagian tengah touchpad dan setiap bagian tepi touchpad dapat difungsikan sebagai lima tombol yang masing-masing memiliki fungsi yang berlainan. Ditambah dengan dua tombol fisik yang mendampingi touchpad, maka total tombol yang tersedia adalah tujuh tombol.

Bagian tepi touchpad tersebut disebut tap zones yang bisa digunakan untuk langsung membuka Start Menu, untuk menjalankan software yang anda tentukan sebelumnya, untuk berfungsi seperti tombol tengah mouse, dan lain-lain.

Download Synaptics Touchpad Driver

Secara keseluruhan, kelengkapan fitur touchpad Synaptics lebih baik daripada mouse standar. Di antara fitur-fitur yang kami sebutkan di atas, mungkin semuanya atau sebagian diantaranya dimiliki oleh touchpad Synaptics pada laptop anda, dan Synaptics Touchpad Driver memastikan bahwa fitur-fitur tersebut bisa berfungsi dengan lancar. Download Synaptics Touchpad Driver terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend