Download WBFS Manager Terbaru

Download WBFS Manager 4.0

Download WBFS Manager Terbaru Developer: CodePlex
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 4MB



Pemilik Nintendo Wii mungkin sudah bisa menebak fungsi dari software yang satu ini hanya dengan melihat namanya. Ya, WBFS Manager adalah software untuk mengakses isi drive yang diformat dengan sistem file WBFS, sedangkan WBFS itu sendiri adalah singkatan dari Wii Backup File System.

Wii adalah konsol game yang diproduksi oleh Nintendo dan dirilis pada tahun 2006. Biarpun termasuk konsol game lama, masih banyak pemain yang setia dengan Nintendo Wii dan menolak untuk selingkuh dengan Nintendo Switch.

Fitur dan Cara Kerja WBFS Manager

Apa Itu WBFS Manager

HDD eksternal bisa digunakan untuk bermain game di konsol Nintendo Wii, tapi HDD tersebut harus diformat dulu dengan sistem file yang sesuai, yaitu WBFS.

Untuk menjalankan pemformatan HDD, koneksikan HDD ke komputer, lalu jalankan WBFS Manager. Selanjutnya, klik pada menu “Drive”, pilih HDD eksternal tersebut, dan kemudian klik tombol “Format”. Jika drive letter HDD yang hendak diformat tersebut belum terlihat di dalam menu “Drive” setelah anda mengkoneksikannya dengan komputer, klik tombol “Refresh Drive List”.

Di sebelah tombol “Format” dan menu “Drive”, terdapat tombol “Load”. Fungsi dari tombol tersebut adalah untuk menampilkan isi HDD yang menggunakan sistem file WBFS. Apabila anda mencoba untuk mengakses isi HDD yang menggunakan sistem file lain, maka WBFS Manager akan memunculkan pesan error.

Selanjutnya, semua file game yang anda miliki bisa ditambahkan langsung ke dalam WBFS Manager secara serentak. Seberapapun banyaknya file ISO yang ada, asalkan semuanya tersimpan di dalam satu folder, WBFS Manager dapat memproses semua file tersebut dalam sekali jalan.

Untuk file-file game yang masih berupa arsip RAR, arsip tersebut harus diekstrak dulu yang bisa anda lakukan secara manual atau dengan mengaktifkan opsi “Automatic RAR Extraction”.

File-file game yang anda masukkan ke dalam WBFS Manager akan muncul pada kolom “Games to add to WBFS Drive”. Di atas kolom, tertera informasi yang mencantumkan total ukuran file. Untuk memindahkan semua file tersebut ke dalam HDD eksternal, klik tombol “Add to Drive”, lalu tunggu sampai semua file selesai disalin ke lokasi yang baru.

Download WBFS Manager Terbaru

Sebelum proses pemindahan file dimulai, jangan lupa untuk mengecek kapasitas HDD eksternal. Dalam hal ini ada tiga informasi yang disajikan oleh WBFS Manager:

  • “Total Space” yang menunjukkan total kapasitas HDD.
  • “Free Space” yang menginformasikan kapasitas HDD yang masih belum terpakai.
  • “Used Space” yang memberitahukan seberapa banyak kapasitas HDD yang sudah terpakai.

Berikutnya, setiap file game yang sudah disimpan ke HDD eksternal akan muncul di dalam kolom “Games on WBFS Drive”. File-file ini bisa anda mainkan di Nintendo Wii dengan bantuan USB loader yang diinstall di dalam sebuah SD card. Download WBFS Manager terbaru dan gratis untuk Windows melalui link ini:

[Windows 32-Bit]

[Windows 64-Bit]

Leave a Reply

Send this to a friend