Download Firebird 3.0.4

Download Firebird Terbaru Developer: Firebird Project
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 7MB


Firebird adalah sebuah software atau open source database yang pertama kali dikembangkan oleh firebird foundation. Awal mula perkembangannya yaitu pada tahun 2000 yang dikembanhgkan oleh Interbase database. Firebird juga dapat disebut sebagai perangkat lunak manajemen databese.

Software ini memiliki dua komponen utama yaitu server database yang dapat berjalan di komputer yang sama sebagai database dan aplikasi sebagai alat penghubung. Datebase ini disebut sebagai Client Library. Client Library merupakan suatu run-time komponen yang berasal dari DLL pada Windows atau disebut sebagai suatu obyek bersama pada platforms yang lainnya.

Kegunaan dan Kelebihan Firebird

Download Firebird Terbaru

Tampilan Firebird Terbaru

Server firebird disebut-sebut memiliki ukuran yang sangat kecil yang disebut sebagai “footprint” pada file sisitem ketika pengguna menginstallnya pada server. Firebirds termasuk software atau perangkat lunak database non komersul atau gratis atau open source. Hal ini memberikan keuntungan bagi siapa saja untuk dapat mamakai Firebird tanpa perlu membayar. Berikut ini kegunaan dan kelebihan Firebird yang perlu diketahui:

  • Kegunaan pertama dari Firebird meruipaka sebagai salah satu open source yang fleksibel. Firebird merupakan projek dari sebuah opensource. Pemakaian firebird baik untuk keperluan prubadi maupun keperluaan bisnin tidak akam membutuhkan biaya. Akan tetapi, dalan menggunakan firebird ini masihlah memerlukan source kode dari firebird yang masih memiliki batasan. Saat ini licensi yang barlaku pada Firebird yaitu IPL (InterBase Public License) dan IDPL (Initial Developer’s Public License).
  • Banyak fitur yang dimiliki oleh Firebird, diantaranya yaitu mampu melakukan sinkronisasi dengan pengguna dekstop offline, mampu recursive query, clausa ‘check’ pada saatmelakukan query, firebird memilikifitur full outer join, dan firebird memiliki support terhadap ODBC
  • Fireird memiliki komunitas yang aktif. Meskipun tidak sebesar komunitas lainnya akan ttepai memilki reputasi yang sangat ramah terhadap para developer-developer baru yang bertanya mengenai forum khusus developer Firebird. Hal ini tentunya meripakan sebuah kelebihan dari software Firebird. Melalui komunitas yang aktif, Firebird memiliki kemampuan dan keamanan yanb terus selalu dikembangkan seiring dengan terus dikembangkannya dan diperbaikinya source kode dari Firebird.

Download Firebird Terbaru

Firebird merupakan salah satu sofware yang memiliki ketangguhan dan dapat bekerja secara server/client dan juga dapat dijalankan pada sistem operasi yang berbeda. Firebird dapat berjalan atau djalankan pada sisten operasu Windows, Linux, FreeBSD dan Mac OS. Sebagai salah satu software yang memiliki akses gratis, maka banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memakai database ini, di antaranya yaitu Broadview Sifware Ltd, Morfik P/L, Communicare Systems Pty Ltd dan U.S Navy.

Para pengguna Firebird juga akan menemui kemudahan dalam proses instalasi. Hal ini diakrenakan Firebird merupakan sofware yang dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya. Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi atau kemapuan komputer yang tinggi. Download Firebird terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend