Download Processing 3.4

Download Processing Terbaru Developer: Ben Fry and Casey Reas
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 120MB


Setiap profesi memiliki resiko tersendiri. Untuk menjadi seorang programmer pun demikian, ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk proses belajarnya. Belajar pemograman bukan hal yang mudah bagi beberapa orang. Beberapa di antaranya tentu berbeda-beda cara dalam belajar pemrograman, dan ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Seorang programmer juga akan lebih akrab dengan berbagai software salah satunya software bernama Processing. Software ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah lebih pemrograman grafis yang bersifat interaktif. Sangat cocok digunakan untuk yang ingin membuat gambar, animasi dan interaksi. Tujuan lainnya saat awal software ini diinisiasi adalah bagaimana agar dapat membuat bahasa pemrograman untuk pengajaran di bidang seni dan desain kepada para siswa di bidang pemrograman grafis.

Fitur dan Kegunaan Processing

Download Processing Terbaru

Tampilan Processing Terbaru

Ide pembuatan software ini diawali sejak tahun 2001. Para pendiri berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pembuatan skrip program yang  cukup rumit jika direalisasikan dengan Bahasa Pemrograman C++. Software ini lebih fokus pada grafis dan interaksi daripada struktur data.

Processing versi alpha dirilis pada bulan Agustus 2002 sampai April 2005. Selanjutnya, versi beta dirilis kepada publik hingga tahun 2008. Selama masa itu, software ini digunakan dalam proses pembelajaran oleh ribuan orang di seluruh dunia. Berbagai masukan dari berbagai pihak telah dilakukan untuk proses penyempurnaan.

Selama perkembangannya, pendiri software membuat berbagai ekstensi yang dikenal sebagai pustaka (library), yang memungkinkan berbagai aplikasi dapat dikembangkan. Saat ini, telah dibuat ratusan pustaka yang dapat menghubungkan software ini dengan berbagai bidang, seperti komputer visi, pengolahan suara, video, data/network dan sebagainya.

Pada tanggal 29 Nopember 2008, tim merilis versi 1.0 sebagai versi pemrograman yang stabil. Pendiri Processing yaiti Ben Fry dan Casey Reas. Dalam perkembangannya, software ini telah didukung oleh berbagai komunitas. Komunitas berperan dalam pembuatan berbagai pustaka dan menjadikannya menjadi salah satu bahasa pemrograman grafis yang mulai banyak digunakan.

Pada software pemograman yang satu ini, kita menulis sebaris skrip program untuk dapat menampilkan sebuah objek lingkaran pada layar. Dengan menambahkan beberapa baris program saja, maka dapat menggerakkan lingkaran tersebut sesuai dengan pergerakkan mouse. Beberapa tambahan baris program selanjutnya bisa mengubah warna lingkaran saat mouse ditekan.

Download Processing Terbaru

Selain lingkaran, kita dapat membuat objek apapun yang sesuai dengan kreasi kita. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pemrograman pada software ini diawali dari sebuah baris, ditambahkan dengan beberapa baris program yang lain. Selanjutnya ditambahkan kembali baris yang lain, dan begitu seterusnya. Proses ini lebih dikenal sebagai sketching program.

Sketching merupakan sebuah proses berpikir. Tujuan dasarnya adalah untuk mengekplorasi berbagai ide dan merealisasikannya dalam waktu yang singkat. Kita dapat mulai membuat sketsanya di atas kertas. Dari sketsa kertas, lalu dapat memindahkannya ke sketsa software. Kumpulan dari sketsa software ini dapat dipilih untuk membentuk sebuah purwarupa (prototype). Kedua proses ini dikenal sebagai  proses Sketching and Prototyping. Download Processing terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend