Download Windows Server 2003 ISO

Download Windows Server 2003 ISO Gratis (32 / 64-bit)

Download Windows Server 2003 ISO Developer: Microsoft
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 650MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...


Windows Server 2003 adalah sistem operasi garapan Microsoft yang dikembangkan untuk menjadi generasi penerus Windows 2000 Server dan merupakan edisi server Windows yang pertama kali mendukung arsitektur x64 dan IA64. Didalamnya disertakan mode kompatibilitas supaya software lawas tetap dapat dijalankan pada platform tersebut.

Dalam sejarah perjalanannya yang panjang, Windows Server 2003 sempat berganti nama sandi beberapa kali. Nama-nama tersebut adalah Whistler Server, Windows 2002 Server, Windows .NET Server, dan Windows .NET Server 2003.

Fitur-Fitur Windows Server 2003

Windows Server 2003

Windows Server 2003 merupakan platform yang scalable untuk membangun infrastruktur jaringan yang mengkombinasikan fungsionalitas jaringan lokal dan internet. Semua fitur yang ada pada Windows 2000 Server masih dapat dinikmati pada Windows Server 2003.

Sebagai generasi penerus Windows 2000 Server, Windows Server 2003 juga mengusung beberapa perubahan. Salah satu manfaat dari perubahan-perubahan tersebut adalah kemudahan penggunaannya yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Di samping itu, ada fitur-fitur baru seperti Microsoft .NET Framework Wizard, Remote Desktops, Microsoft .NET Framework Configuration, dan Remote Assistance.

Remote Assistance merupakan fitur yang sangat penting untuk membantu seorang pengguna lain yang sedang menghadapi masalah. Kadang-kadang masalah yang ada terlalu kompleks sehingga akan memakan waktu yang lama apabila pengguna tersebut hanya diberi instruksi dari jarak jauh. Masalah ini akan jauh lebih mudah diatasi dengan menggunakan Remote Assistance yang menyediakan cara untuk langsung mengontrol komputer pengguna tanpa harus mendatangi lokasi.

Internet Information Services (IIS) yang saat itu menginjak versi 6.0 turut disertakan di dalam Windows Server 2003. Software ini menghadirkan sejumlah peningkatan pada aspek pengelolaan sumber daya, load balancing, manajemen ASP, dan keamanan.

Windows Server 2003 juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola komputer-komputer headless, yaitu komputer-komputer yang tidak memiliki monitor dan alat-alat pengontrol seperti keyboard dan mouse. Komputer semacam ini umum dijumpai pada server perusahaan. Dengan menginstall komputer headless, perusahaan dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli monitor, mouse, dan keyboard.

Download Windows Server 2003 ISO

Windows Server 2003 resmi diluncurkan pada bulan April 2003, sedangkan untuk rilis terakhirnya terjadi pada bulan Maret 2007. Meskipun rilisnya sudah berakhir, Microsoft masih menyediakan support untuk sistem operasi tersebut hingga 2010. Setelah itu Microsoft menyediakan extended support untuk melanjutkan distribusi update keamanan hingga bulan Juli 2015.

Berakhirnya dukungan resmi terhadap Windows Server 2003 ternyata tidak membuat Microsoft meninggalkannya begitu saja. Pada bulan Mei 2017, Microsoft menyediakan update darurat berupa security patch untuk menambal celah keamanan yang saat itu dieksploitasi oleh ransomware WannaCry.

Versi-versi Windows lain yang masa dukungannya sudah habis juga turut mendapatkan update tersebut. Update untuk semua sistem operasi tersebut, termasuk Windows Server 2003, hingga kini masih bisa ditemukan di dalam Microsoft Update Catalog. Download Windows Server 2003 terbaru dan gratis melalui link di bawah ini:

[Windows Server 2003 | 32-Bit]

[Windows Server 2003 | 64-Bit]

Editor: Muchammad Zakaria

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Nesabamedia.com:

Berita Terkini Seputar Teknologi

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Produk Terbaik

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend