Facebook Gaming di Android

Facebook Rilis Layanan Cloud Gaming di Android dan Web

NESABAMEDIA.COMIndustri gaming mengalami peningkatan cukup besar pada tahun 2020 ini, dan Facebook Gaming secara khusus mulai menarik perhatian banyak pihak.

Facebook pada 26 Oktober kemarin secara resmi merilis sejumlah game Cloud di platform mereka. Pengguna yang menggunakan perangkat Android maupun web, bisa menggunakan Facebook cloud gaming secara langsung, tanpa harus melakukan unduhan dan instalasi di perangkat mereka. 

“Hari ini kami mengumumkan bahwa Facebook Gaming telah merilis sejumlah game berbasis cloud di aplikasi Facebook dan browser. Bisa dimainkan secara langsung, tanpa memerlukan unduhan. Streaming game cloud, menjanjikan akses yang belum ada sebelumnya di seluruh layar. Dan meskipun kami sangat senang untuk bisa terlibat di teknologi masa depan itu, namun sayangnya masa depan itu masih jauh,” begitu bunyi di postingan Facebook.

Kalimat masa depan itu masih jauh, sepertinya merujuk pada negosiasi antara Facebook dengan Apple, untuk menghadirkan lebih banyak game di platform mereka, yang saat ini masih cukup alot dan belum menemukan titik kesepakatan. 

Kembali ke bulan Agustus lalu, saat Facebook merilis platform gaming mereka di perangkat iOS, mereka mengungkap sejumlah tantangan. Facebook mengungkapkan bahwa mereka dipaksa menghapus sejumlah fungsi yang ada di Facebook Gaming untuk iOS, karena dianggap bertentangan dengan regulasi yang ditetapkan Apple. 

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa Apple tidak mengizinkan adanya aplikasi yang memiliki mini game di dalamnya. Pada dasarnya, karena Facebook Gaming memfasilitasi konten gaming dan permainan, hal tersebut masuk dalam larangan Apple, dan kedua hal itu tidak mendapat izin.

Facebook pun mengkritisi kebijakan Apple itu, dan akhirnya negosiasi yang berjalan antara kedua belah pihak masih berjalan dengan sangat alot. Facebook berharap, programnya itu bisa berjalan dengan baik di perangkat iOS tanpa harus menghapus fungsi yang ada. Sayangnya, untuk saat ini, Facebook hanya bisa menghadirkan layanan cloud gaming itu di perangkat Android dan melalui web browser saja. 

Perlu diperhatikan adalah, layanan cloud gaming itu sementara baru dirilis di wilayah Amerika Serikat saja. Untuk pengguna yang sudah bisa mengakses layanan tersebut, beberapa game yang telah disediakan antara lain :

  • Asphalt 9 – Gameloft
  • Mobile Legends : Adventure – Moonton
  • PGA Tour Golf Shootout – Concrete Software
  • Solitaire: Arthur Tales – Qublix Games
  • WWE Supercard – 2K
  • Dirt Bike Unchained – Redbull

Untuk mendukung layanan cloud gaming itu, Facebook juga menyediakan tipe iklan jenis baru, agar bisa digunakan para pengembang game untuk mempromosikan game buatan mereka dengan konten yang lebih menarik.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend