• Our Partners:

cara mengganti username Facebook

Facebook Sebabkan Spotify, TikTok, dan Aplikasi iOS Tidak Bisa Diakses

NESABAMEDIA.COM – Apakah Anda tidak bisa mengakses beberapa aplikasi favorit Anda di perangkat iOS dan iPadOS? Jika iya, Anda tidak sendirian. Yang patut disalahkan adalah Facebook, mengapa demikian?

Sejumlah layanan aplikasi populer, termasuk Spotify, Pinterest, Twitter, Viber, Venmo, Tinder, dan bahkan App Store Apple, mengalami kesulitan teknis bahkan sama sekali tidak bisa diakses. Jumlah pasti dari pengguna yang terpengaruh saat ini tidak jelas, tetapi lebih dari 15.000 orang secara kolektif melaporkan tidak dapat mengakses Spotify, Pinterest, dan Waze, menurut Down Detector.

Sebagian besar masalah perbaikan di Facebook memengaruhi sistem aplikasi lain sehingga  iOS tidak bisa diakses, jadi jika Anda kesulitan mengakses layanan apa pun di perangkat iPhone atau iPad Anda, sekarang Anda tahu sebabnya.

Menurut obrolan di akun Twitter John Sundell, SDK Facebook untuk iOS ang merupakan pihak ketiga dari pengembangan berbagai aplikasi menyebabkan layanan yang terpengaruh anjlok saat diluncurkan. Memang, melihat sekilas halaman status Facebook mengungkapkan perusahaan saat ini berurusan dengan “peningkatan tingkat kesalahan” di iOS SDK.

“Kami menyadari dan menyelidiki peningkatan kesalahan pada SDK iOS yang menyebabkan beberapa aplikasi mogok,” sebuah pesan di dasbor status Facebook berbunyi. Facebook pun meminta maaf atas kejadian ini.

Sebagai catatan, versi mobile dari sejumlah game populer, termasuk Call of Duty dan PUBG, pagi ini juga tidak tersedia. Tidak jelas apakah ada koneksi ke kesulitan teknis Facebook, yang pasti adalah akun game pengguna memang terhubung ke akun Facebook masing-masing. Aplikasi serupa juga terkena imbas apabila menghubungkan berbagai fitur API Facebook seperti analisis, pelacakan, Pixel, hingga Developers.

Pihak Facebook telah dihubungi untuk memberikan komentar, tetapi sayangnya belum ada timbal balik dan pernyataan resmi dari perusahaan tersebut. Intinya, hampir semua aplikasi yang terhubung dengan Facebook masih mengalami kesulitan diakses.

Ke depannya, kejadian ‘pemadaman’ massal ini bisa dicegah dengan penyediaan perangkat lunak buatan Apple untuk iOS dan iPadOS tanpa keterlibatan pihak ketiga seperti SDK Facebook. Sebab, kasus serupa pernah terjadi pada akhir Mei 2020 silam ketika hampir semua aplikasi iOS tidak bisa diakses.

Leave a Reply