Fitur Baru di Edge dan Chrome Ini Tingkatkan Integrasi PWA dan Windows 10

Fitur Baru di Edge dan Chrome Ini Tingkatkan Integrasi PWA dan Windows 10

NESABAMEDIA.COMPada tahun 2020 lalu, Microsoft mengkonfirmasi bahwa mereka telah menjajaki dukungan penanganan protokol untuk Aplikasi Web Progresif (PWA) guna meningkatkan pengalaman keseluruhan di Windows 10. Fitur ini saat ini telah tersedia untuk pengujian dalam label experimental bernama Desktop PWA URL Handling di sebuah versi build browser Chrome maupun Edge.  

Begitu disetujui, nantinya aplikasi web akan mampu mendaftarkan diri mereka sendiri sebagai pengatur protokol atau skema URL khusus menggunakan manifes pemasangannya. Dengan kata lain, ini akan memungkinkan aplikasi web berbasis Microsoft Edge atau Google Chrome, muncul di dalam kotak dialog “Open With” yang baru di samping aplikasi Windows 10 tradisional ketika pengguna mengklik protokol URL seperti mailto://, ms-word:// atau web+music://.

Dalam sebuah postingan di blog Chromium, Microsoft mencatat bahwa penerapan saat ini dari penanganan aplikasi web eksperimental masih mengandalkan integrasi antara browser dengan sistem operasi, untuk mendaftarkan protokol baru dengan sistem operasi. Hasilnya, dialog “Open With” itu muncul dalam jendela browser. 

“Hal ini menciptakan pengalaman yang aneh dan canggung, karena hanya aplikasi pertama yang terdaftar dan terlihat ‘asli’ bagi pengguna, dan aplikasi berikutnya akan kehilangan keaslian itu karena mendaftarkan browser di semua permukaan Windows untuk manajemen penanganan protokol,” kata Microsoft dalam sebuah dokumen terbaru mereka. 

Microsoft kini sedang menjajaki pendekatan baru yang akan melibatkan pendaftaran aplikasi tambahan dengan sistem operasi, sehingga setiap PWA yang terpasang memiliki asosiasi registry sendiri. Untuk bisa memfasilitasi perilaku baru ini, Microsoft akan sepenuhnya memisahkan pendaftaran protokol browser dari pendaftaran protokol aplikasi di Windows 10.

Tampilan Open With Aplikasi Web di Windows 10

Tampilan Open With PWA di Windows 10

“Ini akan memungkinkan lebih banyak aplikasi untuk bisa mendaftar guna menangani protokol yang sama di Windows,” tambah Microsoft. 

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar mengenai dialog Open With di atas, pendekatan baru Microsoft terhadap penanganan protokol aplikasi web juga akan mengaktifkan dukungan untuk beberapa profil, seperti profil pribadi atau pekerjaan. 

“Dalam hal UX, ini akan memberikan pengalaman yang jauh lebih efisien bagi para pengguna karena aplikasi sekarang sepenuhnya ditangani dari sisi sistem operasi, dan dapat disingkirkan dari browser, aplikasi Win32, aplikasi web lain dan aplikasi web itu sendiri apabila dipasang di beberapa profil berbeda bersamaan,” ungkap Microsoft. 

Leave a Reply

Send this to a friend