Fitur Reset This PC di Windows 10

Fitur Reset This PC Error, Microsoft Tawarkan Solusi

NESABAMEDIA.COMError yang terjadi pada fitur Reset This PC telah diketahui oleh pihak Microsoft. Menurut hasil temuan Microsoft, fitur tersebut mengalami kegagalan fungsi pada sejumlah perangkat Windows 10 yang menggunakan versi 2004. Microsoft pun menawarkan sejumlah solusi kepada para pengguna, untuk mengatasi error tersebut.

Fitur Reset This PC di Windows 10 didesain untuk membantu pengguna melakukan reset pada perangkat mereka, ketika dirasa ada kejanggalan atau perangkat tidak berjalan dengan semestinya. Mulai versi 2004, fitur ini menawarkan pilihan kepada pengguna untuk mengunduh file pengaturan dari layanan Cloud daripada harus menggunakan file instalasi lokal.

File pengaturan itu juga memungkinkan pengguna melakukan instalasi ulang sistem operasi Windows menggunakan file lokal, seperti yang pertama kali diperkenalkan di Windows 8. Namun pada perangkat PC dengan kecepatan internet tinggi, proses tersebut akan lebih baik jika dilakukan menggunakan pilihan file Cloud, untuk proses yang lebih cepat dan rapi.

Namun, Microsoft kemudian justru membuat pengguna Windows 10 2004 menjadi bingung, karena menghilangkan opsi Fresh Start secara diam-diam. Opsi ini memungkinkan pengguna menginstal Windows 10 melalui halaman Settings atau pengaturan. Ternyata, Microsoft mengubah Fresh Start menjadi Reset This PC di halaman Settings.

Baru-baru ini, Microsoft menemukan fakta di lapangan bahwa ternyata fitur Reset This PC tidak berjalan dengan semestinya pada sejumlah konfigurasi hardware “tertentu” yang berjalan di Windows 10 versi 2004. Microsoft juga enggan menginformasikan mengapa masalah ini hanya terjadi di versi 2004 saja.

Pada perangkat yang mengalami error pada fitur ini, pengguna melaporkan mereka mendapatkan pesan error seperti berikut : “Terjadi sejumlah masalah saat mereset PC anda. Tidak ada perubahan yang dilakukan.”

Meski demikian, Microsoft telah menemukan solusi sementara yang bisa dilakukan oleh pengguna yang terdampak. Yang harus dilakukan pengguna adalah membuka Command Prompt, kemudian menekan klik kiri untuk menjalankannya dengan akun administrator (Run as Admin).

Selanjutnya, pengguna diharuskan mengetik kode perintah : dism /online /cleanup-image /restorehealth dan tekan tombol Enter. 

DISM sendiri merupakan singkatan dari Deployment Image Service and Management, sebuah baris perintah untuk memasang layanan Windows sebelum dijalankan. 

Pengguna selanjutnya diminta untuk merestart perangkat dan mencoba menjalankan kembali fitur Reset This PC. 

Leave a Reply

Send this to a friend