Xiaomi Gauguin Kamera 108 MP

Gauguin, Kode Ponsel Terbaru Xiaomi Usung Kamera 108 MP

NESABAMEDIA.COM – Pabrikan asal Cina, Xiaomi mungkin jadi pionir untuk smartphone dengan teknologi kamera 108MP. Seri ponsel Mi Note 10 yang dirilis pada akhir tahun 2019 lalu, adalah ponsel yang telah dibekali teknologi tersebut dan menjadi yang pertama muncul di pasaran. Kemudian teknologi kamera 108 MP diadopsi ke seri Mi 10 berikutnya.

Baru-baru ini, dua member dari XDA Developers berhasil menggali sejumlah informasi menarik yang didapat dari kode yang ada di sistem operasi MIUI 12. Disebutkan ada sebuah seri ponsel terbaru dengan kode Gauguin dan Gauguin Pro yang disebut-sebut menjadi ponsel terbaru Xiaomi yang bakal menggunakan teknologi kamera 108MP.

Diprediksi juga, ponsel yang sedang digarap oleh Xiaomi itu akan menggunakan 4 buah kamera belakang, namun ada 2 kamera dengan spesifikasi berbeda yang bakal dijadikan kamera utamanya. Untuk varian yang Pro akan dibekali sensor kamera 108MP sementara varian standar hanya menggunakan sensor kamera sebesar 64MP saja.

Masih belum bisa diketahui dengan pasti jenis sensor kamera yang bakal digunakan pada ponsel terbaru Xiaomi berkode Gauguin itu. Namun kemungkinan besar bakal menggunakan sensor milik Samsung yakni, ISOCELL Bright HMX. Sebab pada ponsel dengan kamera 108MP sebelumnya, Xiaomi menggunakan sensor tersebut.

Untuk urusan kualitas pixel pada kamera tersebut, kemungkinan besar akan menggunakan teknik pixel-binning. Teknik ini yakni kemampuan kamera untuk menggabungkan banyak pixel menjadi sebuah pixel yang lebih besar, sehingga bisa meminimalisir gangguan noise.

Sensor HMX diketahui menggunakan 4in1 Pixel Binning untuk menyajikan tangkapan gambar setara dengan kamera 27 MP 1.6 micron pixel. Namun jika melihat pada ponsel Samsung seri Galaxy S20, yang menggunakan sensor HM1 diketahui memiliki teknologi 9in1 Pixel Binning untuk bisa menangkap gambar setara dengan kamera 12 MP 2.4 micron pixel.

Lebih lanjut, berdasarkan temuan dari XDA Developers itu, dua ponsel berkode Gauguin tersebut bakal dirilis untuk pasar Cina, India dan Global. Chipset yang bakal terpasang di kedua ponsel diprediksi bakal menggunakan Qualcomm.

Jika melihat banyaknya bocoran yang terkuak, terbukti Xiaomi memang sedang memacu produksi ponsel-ponsel terbaru mereka untuk mengejar target tahun ini.

Leave a Reply

Send this to a friend