Gboard

Gboard Android Hadirkan Fitur Shortcut hingga Tema Baru

NESABAMEDIA.COM – Pada awal Agustus ini, Google nampaknya memberikan banyak fitur menarik untuk layanan papan ketik Gboard. Setelah sebelumnya merilis versi yang dapat digunakan dalam menuliskan bahasa Jepang hanya dengan gerakan tertentu. Kini, Gboard hadir dengan lebih fleksibel di Android, Selasa (16/08).

Gboard kini akan memiliki beberapa fitur baru yang menarik untuk dibahas, diantaranya ialah ekspansi yang dilakukan untuk menerapkan beberapa fitur unggulan mereka. Gboard telah hadir dengan tampilan tema yang dapat diubah-ubah, meskipun memang telah menghadirkan fitur tema sejak lama.

Gboard

Beberapa Shortcut terbaru di Gboard

Fitur tema yang dimaksudkan oleh Google, ialah fitur tema yang kini hadir dengan lebih banyak pilihan. Terdapat lima mode tema yang bisa langsung digunakan pada layanan papan ketika Gboard, selain itu Google juga telah menggunakan fitur Voice Typing.

Voice Typing merupakan fitur unggulan dari Gboard saat ini, yang mana memungkinkan pengguna untuk dapat mengetikan sebuah kalimat hanya dengan menggunakan akses suara. Jadi, pengguna hanya perlu mendikte dan secara otomatis Gboard akan menuliskan apa yang pengguna ucapkan.

Fitur Voice Typing juga hadir dalam beberapa pengaturan tambahan,. Pengguna dapat mengaktifkan kecepatan Gboard untuk mengenali suara dan menuliskan kalimat tertentu, ini berkaitan dengan kecerdasan buatan dari Google, untuk dapat memahami ucapan dengan lebih cepat.

Fitur lainnya yang ditawarkan Gboard ialah layanan Shortcut, di sini Gboard menambahkan beberapa Shortcut seperti Clipboard, One-Handed untuk menulis dengan menggunakan satu tangan saja, dan Text Editing. Tersedia juga fitur GIF, dan tema yang bisa langsung dikases menggunakan pintasan ini.

Perubahan yang dilakukan Google bisa menjadi alternatif yang perusahaan lakukan, untuk membuat layanan mereka menjadi lebih banyak fitur dan fungsi. Ini juga merupakan langkah yang baik dilakukan, untuk mempersiapkan fitur dalam sistem Android 13 yang akan dirilis ke depannya.

Gboard dan Google sendiri belum memberikan informasi mengenai kapan perilisan versi Gboard dengan fitur pintasan yang lebih banyak ini. Hingga kini, perusahaan belum buka suara mengenai kapan waktu yang tepat untuk merilis versi terbaru Gboard. Tetapi, diperkirakan akan segera dirilis sekitar akhir Agustus dan awal September.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend