Google Berikan Solusi Atasi Aplikasi Android Yang Alami Crash

Google Berikan Solusi Atasi Aplikasi Android Yang Alami Crash

NESABAMEDIA.COMSebelumnya, para pengguna smartphone Android mengeluhkan bahwa aplikasi di smartphone mereka tiba-tiba mengalami crash.

Senin kemarin, Google mengatakan bahwa pihaknya telah mengatasi masalah yang menyebabkan aplikasi Gmail dan aplikasi Android lainnya tersebut mengalami crash. Masalah tersebut dikatakan Google disebabkan oleh adanya bug di Android System WebView, sebuah komponen sistem yang memungkinkan perangkat menampilkan konten web. 

Google mengatakan bahwa pengguna diharuskan memperbarui Android System WebView ke versi 89.0.4389.105 dan juga aplikasi Chrome ke versi terbaru. Kedua versi aplikasi itu telah tersedia di Google Play Store. 

“Kami memahami bahwa ada sebuah masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android mengalami crash pada pengguna tertentu. Kami saat ini tengah mengupayakan validasi sepenuhnya dan mencoba segera menyediakan perbaikan secepatnya,” ungkap pihak Google. 

Beberapa pengguna mengatakan bahwa dengan menghapus pembaruan terbaru pada WebView berhasil memperbaiki masalah yang muncul tersebut. Faktanya, pihak Samsung melalui akun Twitter resminya menyarankan langkah-langkah tersebut. 

“Terima kasih untuk menjadikan masalah ini sebagai perhatian kami. Mohon hapus pembaruan WebView dan kemudian lakukan restart smartphone,” kata customer service Samsung melalui akun Twitternya. 

Sementara itu, dari pihak Google telah memberikan langkah perbaikan, yang menyarankan pengguna untuk segera memperbarui kedua aplikasi itu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Cari “Android System WebView”
  3. Pilih opsi Update atau perbarui
  4. Lakukan hal yang sama untuk browser Google Chrome

Masalah pada aplikasi Gmail dan aplikasi Android lainnya mulai pada hari Senin sore yang lalu. Banyak pengguna yang kemudian membanjiri Twitter dan Reddit untuk melaporkan masalah aplikasi Android mereka yang mengalami crash, mayoritas adalah pengguna smartphone Samsung dan Google Pixel. 

“Kami meminta maaf untuk ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan terima kasih atas kesabaran dan dukungan yang terus diberikan. Mohon untuk bisa memaklumi bahwa masalah keandalan sistem adalah prioritas utama di Google dan kami akan selalu berupaya memberikan peningkatan untuk memastikan sistem kami berjalan lebih baik lagi,” bunyi pembaruan di status dashboard Gmail. 

Leave a Reply

Send this to a friend