Google Kembangkan Prosesor Sendiri Untuk Pixel 6

Google Kembangkan Prosesor Sendiri Untuk Pixel 6

NESABAMEDIA.COMGoogle yang awalnya berupa perusahaan mesin pencari internet kini menjadi salah satu perusahaan teknologi paling populer di dunia dan juga pembuat sistem operasi Android yang digunakan hampir semua brand smartphone di luar sana.

Namun, seperti yang mungkin sudah diketahui mengenai smartphone Google Pixel yang populer, Google juga bekerja keras untuk membuat ponsel cerdas mereka sukses seperti halnya layanan perangkat lunak yang mereka produksi. Baru-baru ini dirumorkan bahwa Google mungkin akan menggunakan prosesor kustom yang dibuat khusus untuk Pixel 6 yang akan datang.

Spekulasi menunjukkan bahwa Google telah mengerjakan System on Chip (SoC) mereka sendiri sejak tahun lalu dan menurut laporan terbaru, chipset itu akan disematkan pada perangkat smartphone flagship Google Pixel 6. Chipset tersebut diketahui memiliki kode nama Whitechapel dan kemungkinan besar akan mentenagai smartphone Google lainnya yang akan datang. Pixel 6 sendiri dikabarkan akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini.

Lebih lanjut disebutkan bahwa nama internal chipset kustom itu dengan kode GS101. GS dalam kode tersebut tidak lain mewakili dari Google Silicon. 

Apa yang dilakukan Google dengan chipset kustom mereka ini, mirip dengan apa yang dilakukan Apple di tahun lalu yang meluncurkan chipset Apple Silicon M1 untuk perangkat MacBook. Ada beberapa kecaman saat itu yang meminta Apple mempertimbangkan keputusan perusahaan yang berpisah dengan Intel demi untuk mengembangkan chipset kustom sendiri pada perangkat mereka. Namun Apple tetap bungkam dan akhirnya tetap meluncurkan chipset Apple M1

Sementara itu, Google dikabarkan dalam mengembangkan chipset kustom mereka yang akan datang untuk perangkat Chromebook dan smartphone lainnya, mereka bekerja sama dengan Samsung. Kabar lebih detail kemudian muncul dan menyebut bahwa Google menggunakan departemen System Large-Scale Integration (SLI) milik Samsung Semiconductor.

Google telah menjadwalkan smartphone Pixel 6 akan diluncurkan sebagai flagship sekitar bulan Oktober dan mereka mengungkapkan kebahagiaan karena pada akhirnya mereka mampu menjadi seperti Samsung, Apple dan Xiaomi serta brand lainnya yang memiliki SoC buatan mereka sendiri. 

Tingkat kompetisi di industri semikonduktor pun saat ini telah dipatri oleh persaingan utama antara prosesor Seri-A buatan Apple dan Snapdragon. Akankah chipset buatan Google itu mampu bersaing atau bahkan mengungguli keduanya?

Leave a Reply

Send this to a friend