Keuangan Huawei 2020 Tumbuh Kuat, Meski Dalam Sanksi Amerika

Keuangan Huawei 2020 Tumbuh Kuat, Meski Dalam Sanksi Amerika

NESABAMEDIA.COMLaporan tahunan Huawei untuk periode tahun 2020 telah diterbitkan dan perusahaan melaporkan bahwa angkanya sejalan dengan apa yang ditargetkan yakni, terjadinya pertumbuhan marjinal.

Pendapatan dari penjualan produk Huawei mencapai USD136,7 miliar dan laba mencapai USD9,9 miliar. Jumlah pendapatan ini mengalami peningkatan sebanyak 3,8 persen periode tahunan dan labanya naik sebanyak 3,2 persen secara tahunan. Jumlah ini sangat membanggakan meski Huawei masih mendapatkan sanksi dagang dari Amerika sejak tahun 2019 silam. 

“Selama beberapa tahun terakhir, kami berusaha bertahan dengan kuat dalam menghadapi setiap kesulitan yang ada. Kami terus mencoba berinovasi untuk menciptakan nilai bagi pelanggan kami, membantu memerangi pandemi, dan mendukung pemulihan ekonomi serta kemajuan sosial di seluruh dunia. Kami juga mengambil kesempatan ini untuk lebih meningkatkan operasi kami, menghasilkan kinerja yang sebagian besar sesuai dengan target,” ungkap petinggi Huawei.

Pendapatan untuk wilayah Amerika diketahui mengalami perlambatan sebanyak 24,5 persen sementara penjualan yang ditorehkan sebanyak 66 persen berasal dari pasar Cina. Pada tahun 2019, tercatat penjualan di pasar Cina produk Huawei sebanyak 59 persen. Perusahaan melihat pertumbuhan cukup besar dalam bisnis telekomunikasi nirkabel, berkat agresivitas peluncuran teknologi 5G di Cina. Huawei juga memiliki mitra operator yang cukup kuat dalam meluncurkan jaringan 5G di wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

Pertumbuhan Pendapatan Huawei Tahun 2020 Berdasarkan Wilayah

Pertumbuhan Pendapatan Huawei Tahun 2020 Berdasarkan Wilayah

Meskipun pelanggan bisnis Huawei tumbuh tidak begitu besar jika dibandingkan tahun 2019, penjualan smartphone mereka mengalami penyusutan, kehilangan pangsa pasar ke pabrikan smartphone Cina lainnya di beberapa pasar Eropa. Kinerja kuartal pertama tahun 2020 menjadi yang pertama perusahaan mengalami penurunan jumlah penjualan. 

Seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, sanksi dagang dari Amerika Serikat menjadikan pukulan cukup telak terhadap perusahaan di tahun 2019. Dengan banyak sekali tanda-tanda penurunan di bisnis smartphone, Huawei mampu mengelola pertumbuhan bisnis di bidang yang lainnya seperti agrikultur pintar, layanan kesehatan dan kendaraan listrik. 

Bisnis perusahaan Huawei tetap mampu berkembang berkat solusi berbasis skenario perusahaan untuk berbagai industri yang membantu menciptakan ekosistem digital bagi perusahaan. Huawei juga telah melihat bisnis layanan Cloud mereka tumbuh, mendapatkan bisnis dari rumah sakit dan membantu mitra mereka membangun platform pembelajaran yang melayani lebih dari 50 juta siswa.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend