Google Maps Hilang Dari Android Auto Setelah Diperbarui

Google Maps Hilang Dari Android Auto Setelah Diperbarui

Google Maps membantu pengguna dari titik A ke B dengan memilihkan rute yang paling ramah dan secepat mungkin. Dan ketika pengguna telah sampai di titik yang dituju, aplikasi akan membantu anda merekomendasikan tempat untuk makan, tidur, yang patut dikunjungi dan lainnya.

Dengan kata lain, banyak mereka yang hobi traveling bergantung pada aplikasi ini dan menggunakannya hampir setiap hari untuk membantu mereka mendapatkan rute harian terbaik, dengan menghindari macet, kecelakaan atau jalan yang ditutup.

Menurut sejumlah pengguna yang tergabung dalam forum dukungan Google, setelah memperbarui ke Android Auto terbaru versi 7.2, Google Maps tiba-tiba menghilang. Lebih tepatnya, aplikasi ini masih muncul di perangkat pengguna dan bisa diakses, selama Android Auto yang ada di kendaraan tidak terhubung ke smartphone. Selain di luar komunitas Android Auto, Google masih belum mengetahui masalah ini ada dan oleh karena itu mereka belum memberikan perbaikan. 

Ada sebuah solusi, namun pengguna yang memiliki masalah ini harus berganti menggunakan aplikasi navigasi lainnya seperti Waze. Meski keduanya merupakan aplikasi berbeda, namun tetap berada di naungan perusahaan yang sama, yakni Google. 

Berbeda dengan Google Maps, Waze berfokus sepenuhnya pada navigasi, meski mereka bisa merekomendasikan anda ke SPBU atau restoran di sepanjang perjalanan. Dan jika menggunakan aplikasi Google Maps adalah sebuah keharusan, maka lebih mudah jika anda menggunakannya langsung di smartphone dan tidak menyambungkannya ke Android Auto sama sekali.

Salah satu pengguna yang berkomentar di halaman forum Google mengatakan, sebelum dirinya memperbarui ke Android Auto versi terbaru, semuanya bekerja dengan sempurna di Audi Q7 dan Samsung S21 Ultra-nya.

Namun begitu memperbarui, Android Auto tidak lagi muncul sebagai aplikasi di layar beranda smartphone miliknya dan tidak bisa dipasang ulang. Sementara mobilnya tidak lagi mencantumkan Google Maps, di mana saat dia menggunakan perintah suara untuk membuka aplikasi tersebut, sistem menjawab dengan pesan bahwa aplikasi itu tidak tersedia di perangkat. 

Meski dia bisa menggunakan navigasi lewat Google Maps di smartphone Galaxy S21 Ultra, mobilnya tidak lagi menampilkan aplikasi itu, dan panduan dalam perjalanan tidak bisa didengar lewat speaker mobilnya. Setelah dirinya meminta bantuan pihak Samsung, dia diberi tahu bahwa masalah bukan pada perangkat, melainkan ada di Android Auto. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend